Pandemi Covid-19 Tak Surutkan Kontribusi LPD Desa Adat Tiga Bagikan Sembako ke Krama

  • 16 April 2021 00:00 WITA

Bangli , BaliBanknews -
Selain memberikan asas manfaat langsung kepada para Krama/warga, Lembaga Perkreditan Desa (LPD) juga mempunyai kewajiban terhadap pembangunan di desa adat. Yakni melalui penyaluran dana pembangunan kepada desa adat sebesar 20% dari pencapaian laba LPD. 


Kontribusi ini telah ditunjukkan oleh LPD Desa Adat Tiga   yang ada di Kecamatan Susut  kabupaten Bangli  Meskipun pandemi belum berakhir, LPD Tiga  telah mampu memberikan dana pembangunan 20% dari laba tahun buku 2020.


Pemucuk LPD Desa Adat Tiga  , I Nyoman Berata  didampingi I Wayan Senter Penyarikan  LPD Tiga   serta Ni Nengah Sukerti  selaku Petengen LPD Tiga  kepada Balibanknews, Jumat    (16/4/2021) bertepatan laporan pertanggungjawaban LPD Adat Tiga  tahun buku 2020 yang sudah di laksankan pada Bulan Maret lalu  mengatakan telah memberikan pembagian paket sembako berupa  beras 10 KG,  Minyak Goreng 2 KG, dan  bawang merah  2 KG   kepada 9 Banjar adat serta satu tempekan Pukuh dengan  1960   KK lebih  Krama Tiga  di mana di berikan berupa paket sembako imbuhnya.


Kata dia,  pemberian paket Sembako  ini di berikan sebagai bentuk kepedulian LPD tiga  pada masyarakat Tiga  yang terdampak langsung wabah. Untuk paket sembako pada masyarakat  secara keseluruhan kita berikan merata ke semua masyarakat Tiga.

 Kata Berata  LPD Tiga juga  telah menyalurkan dana pembangunan ke desa adat tahun buku 2020 sebesar Rp 301  juta. "Meskipun di masa pandemi Covid-19 adalah tahun sulit bagi kami namun kami tetap mengalokasikan dana pembangunan ke desa adat," ucapnya. 


LPD Tiga   selama pandemi Covid-19  telah memberikan keringanan pembayaran suku bunga kredit pada Krama Tiga   di mana kita LPD sesuai dengan imbauan dari BKS LPD propinsi Bali dan kabupaten Bangli  di mana kita juga memberikan keringanan di masa Pandemi, Krama hanya bayar bunga kredit saja selama satu tahun selama tahun 2020, mengingat Krama mengalami kesulitan ekonomi selama pandemi. "Itulah yang harus dilakukan LPD memberikan keringanan pembayaran Bunga saja tidak kenak pinalti serta perpanjangan jangka waktu pembayaran kredit kita sesuaikan dengan kemampuan masyarakat Tiga. , Kami di LPD tiga  tidak hanya mencari laba saja melainkan memikirkan juga kesulitan  Krama. Sehingga dengan tindakan keringanan pembayaran  ini kepercayaan Krama semakin meningkat yang mempengaruhi terjadinya peningkatan aset LPD Tiga  selama pandemi 2020," bebernya.


Bendesa desa  Adat Tiga, I Ketut  Sudirpa, di dampingi, I Wayan Tenda yang juga selaku anggota badan pengawas LPD Tiga  mengungkapkan  mengapresiasi kontribusi LPD Tiga   di saat pandemi terutama dengan telah bisa memberikan pembagian paket sembako  serta  keringanan pembayaran  kepada masyarakat yang memilki kredit di LPD, di sisi lain kita juga mengucapkan terimakasih atas kerja keras jajaran pengurus dan juga kariawan LPD Tiga  di tahun buku 2020 telah bisa memberikan yang terbaik pada desa adat dan masyarakat  terutama dana pembangunan yang sudah LPD rutin LPD  berikan setiap tahunya.


untuk itu Sudirpa   berharap  pada seluruh masyarakat Tiga  yang ada di  9  Banjar adat  agar tidak ragu dalam memanpatkan  prodak prodak unggulan di LPD dan yang lebih penting tetap memberikan kepercayaan penuh pada pengelolaan dana di LPD dan kita selaku bendesa desa adat Tiga   akan tetap mendukung penuh setiap kebijakan LPD demi  kemajuan desa adat dan juga kesejahtran masyarakat di Tiga . Pungkasnya ( Yes)


TAGS :

Komentar