Gerakan Koperasi Kabupaten Klungkung Jalani Vaksin Covid-19

  • 19 April 2021 00:00 WITA
Suasana kegiatan vaksinasi masal yang digelar Dekopinda Klungkung dan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung Senin (19/4/2021)



Klungkung, balibanknews.com
Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Klungkung memfasilitasi kegiatan vaksinasi masal Covid-19 untuk gerakan koperasi di Kabupaten Klungkung. Kegiatan ini berlangsung di Balai Budaya Kabupaten Klungkung pada Senin (19/4/2021). Ratusan pelaku dan penggiat koperasi tampak antusias mengikuti kegiatan vaksinasi yang juga diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Klungkung bersama Dinas Kesehatan setempat.


Ketua Dekopinda Kabupten Klungkung Ngakan Made Nata yang juga menjabat sebagai Ketua Koppas Srinadi saat dimintai komentarnya mengatakan, kegiatan vaksinasi masal Covid-19 untuk gerakan koperasi di Kabupaten Klungkung bertujuan untuk menunjang operasional para penggiat koperasi mulai dari pengurus, pengawas, hingga pengelola koperasi. Jika daya tahan tubuh para penggiat koperasi sudah kebal terhadap paparan virus Covid-19 maka diyakini kinerja mereka bisa maksimal. 


"Jika sudah memiliki antibodi terhadap paparan virus maka para penggeiat koperasi bisa bekerja lebih maksimal. Semuanya bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kita lebih baik lagi kedepannya, karena peran koperasi sangat vital bagi pertumbuhan ekonomi kerakyatan khususnya di Kabupaten Klingkung, jadi sudah seharusnya pelaku koperasi terbebas dari acaman virus Covid-19," ujarnya.
Ngakan Nata mengatakan, saat ini tercatat sekitar 336 orang dari 49 lembaga koperasi yang terdaftar untuk menjalani vaksin. Kegiatan ini digelar berkelanjutan dan masih akan berlanjut hingga beberapa hari kedepan. Diharapkan dari sekitar 140 lembaga koperasi yang aktif di Kabuptlaten Klungkung semuanya bisa menjalani vaksin tersebut. Menurutnya dengan suksesnya program vaksin akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi lebih cepat dan kondisi perekonomian Bali cepat pulih kembali.
Khusus untuk karyawan Koppas Srinadi yang berjumlah sekitar 270 orang, diakui Ngakan Nata akan menjalani vaksin pada Selasa (20/4/2021). Selain para penggiat koperasi kegiatan vaksinasi masal tersebut juga diikuti oleh masyarakat umum mulai dari lansia dan juga pelayan publik dan juga diikuti oleh sejumlah Sulinggih dan pemuka agama yang masuk kategori lansia. 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung dr. Ni Made Adi Swapatni mengatakan, Kabupaten Klungkung mentargetkan paling tidak sekitar 70 persen masyarakatnya sudah tervaksin Covid-19. Diakuinya saat ini vaksin publik di Kabulaten Klungkung sudah sekitar 85 persen dan lansia baru sekitar 35 persen, bahkan Lansia berumur diatas 60 tahun juga bisa menjalani vaksin. "Dinas kesehatan gencar mendorong kegiatan vaksin Covid-19 selain di rumah sakit, Dinkes juga menggelar kegiatan vaksin melalui tim mobile Dinas Kesehatan Klungkung dan juga melalui Puskesmas keliling yang ada," ujarnya.
Kegiatan vaksinasi masal tersebut juga dihadiri langsung oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwitra. Kehadiran Bupati yang juga pernah aktif sebagai penggiat koperasi tersebut memberi semangat tersendiri bagi seluruh gerakan koperasi yang hadir dan tengah bersiap mengikuti vaksinasi masal tersebut. [Mdy]

 


 


TAGS :

Komentar