Penglukatan Patung Siwa Melah Angge Diharapkan jadi Ikon Desa Suwat

  • 09 Juni 2021 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
Berbagai harapan muncul setelah dilakukan Pemasplasan atau peresmian secara ritual Hindu Bali terhadap Penglukatan Patung Siwa Melah Angge yang berada di Desa Suwat, Kabupaten Gianyar, Rabu (9/7). Sejumlah pihak pun mengapresiasi Pemlaspasan Pengelukatan Siwa Melah Angge Desa Suwat. 


Seperti yang disampaikan I Made Budiasa selaku Anggota DPRD Gianyar dari fraksi PDIP yang menyempatkan diri hadir pada ritual suci tersebut. Kata dia, melalui Pemlaspasan Penglukatan Patung Siwa Melah Angge ini diharapkan ke depan akan menjadi maskot di Desa Suwat dan sekitar Gianyar. 


"Karena tempatnya bagus dan ada aura spiritualnya. Energi di tempat ini sangat cocok untuk melukat. Siapapun yang datang ke sini akan mendapatkan aura baik dan energi positif," kata Budiasa.


Ia menilai, Kabupaten Gianyar perlu memiliki tempat seperti ini karena situasi pandemi banyak dikunjungi masyarakat. Wisatawan pun mencari tempat yang menawarkan keindahan alam, bersih dan asri serta sunyi, sehingga akan mendapatkan ketenangan. 


"Tempat ini memiliki energi positif dengan adanya Penglukatan Patung Siwa yang merupakan manisfestasi Tuhan bertugas melebur hal-hal buruk menjadi baik. Dengan adanya Patung Siwa bagi umat yang akan membersihkan diri wajib hormat dan sungkem serta bakti kepada manisfestasi Tuhan," tegasnya.


Budiasa menilai di Suwat perlu dikembangkan wisata spiritual tersebut, sehingga pariwisata di Gianyar bisa hidup dan maju. "Secara otomatis wisatawan akan terpancing datang ke tempat ini, sehingga berimbas ke hal-hal lain termasuk ekonomi kreatif dan petani setempat dapat berjualan. Ke depan pastinya akan berdampak positif," yakinnya. 


Bendesa Desa Adat Benawah, Anak Agung Gede Arnawa yang juga selaku tokoh pariwisata   MDA kabupaten Gianyar  didampingi para Bendesa Pasubayan Bendesa Adat Kecamatan Gianyar mengatakan, dengan adanya Penglukatan Patung Siwa Melah Angge Desa Adat Suwat ini adalah permentasi dari Sat Kerti Loka Bali sesuai dengan arahan gubenur Bali dan juga  program khusus Bupati Gianyar, I Made Mahayastra, lewat pemajuan masyarakat Adat   yang nantinya akan memberikan sumber-sumber inspirasi, kemuliaan. 


Diharapkan Krama yang sudah hadir dapat merasakan sesuatu dan anugerah di tempat ini. "Kami di bendesa adat yang hadir di sini mendukung yang ada di Suwat, Gianyar dan bisa dicontoh oleh lainnya dengan menggali potensi di desa adat. Kami akan merasakan imbas baik seperti kami di Benawah pasti merasakan. Kita akan koordinasi akan mengambil jalur treking desa wisata," ucapnya. (yes) 


TAGS :

Komentar