LPD Desa Adat Batur Berencana Tingkatkan Performa Genjot Pelayanan Berbasiskan Digital

  • 17 Juni 2021 00:00 WITA

Bangli,  BaliBanknews -
Guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada krama dan meningkatkan performa,  LPD Desa Adat Batur mengenjot pelayanan berbasis digital atau IT. Demikian diungkapjan,  Pemucuk LPD Desa Adat Batur, I Made Bilastra, didampingi Ni Ketut Tirtasari, selaku Pengeraksa LPD Batur serta, I Komang Suarsana, selaku Penyarikan LPD Desa Adat Batur ketika ditemui BaliBanknews, Jumat (17/6/2021).

Bilastra yang baru menjabat sebagai Pemucuk LPD Batur ini mengatakan,penguatan IT merupakan poin penting dalam operasional LPD saat ini,  apalagi ditengah Pandemi Covid-19 seperti sekarang. 

Ia melihat,  dengan adanya pengpalikasian IT baik dalam menginput data tabungan dan lainnya bisa hanya dari HP tidak perlu datang lagi ke LPD.

"Guna mengpalikasikan IT,  kita perlu siapkan segalanya,  baik itu SDM maupun sosialisasi ke krama," ucapnya. 

Saat ini,  diakui Bilastra pengurus dan karyawan LPD Batur harus bekerja maksimal ditengah pandemi, fokus bagaimana meraih target serta penanganan kredit yang dilakukan melalui pendekatan secara komprehensif dengan melibatkan seluruh komponen.

Guna meningkatkan performa LPD,  lebih jauh diakui Bilastra LPD Batur juga terlibat dalam berbagai kegiatan yang dilakukan di Desa Adat Batur hal itu sebagai bentuk promosi.

"Saat ini performa LPD kami tingkatkan untuk mencapai target yang kita rencanakan,  baik target aset maupun laba," ucapnya. 

Hingga Mei 2021, LPD Desa Adat Batur beraset Rp 13,5 miliar dan laba mencapai Rp 200 juta lebih.

"Kita patut bersyukur bisa memperoleh laba dalam situasi sulit dan dengan dukungan Krama Batur kita tergetkan laba LPD  hingga Desember 2021 sebesar Rp 400 juta," ucapnya.

Bilastra menambahkan, setiap ada upacara Pitra Yadnya atau upacara ngaben masal yang digelar dua tahun sekali di Desa Adat Batur,  LPD memberikan dana partisipasi sebesar Rp 20 juta. 

"Program ini sudah berjalan 10 tahun lebih dan kedepanya dengan terus bertambahnya kepercayaan masyarakat yang berimbas pada berkembangnya LPD,  maka kita akan tingkatkan lagi dana partisipasi pada upacara ngaben masal," ujarnya.

Lebih jauh ditambahkannya, pihaknya optimis LPD Batur bisa tumbuh,  apalagi banyak potensi yang belum digarap. Untuk itu LPD Batur terus mensosialisasikan ke masyarakat dengan membentuk opini bahwa LPD merupakan lembaga milik krama dan Desa Adat. Tumbuh dan majunya LPD akan memberikan imbas positif bagi kemajuan pembanguann di Desa Adat Batur maupun peningkatan kesejahteraan Krama Batur. 


Bendesa Adat Batur, Jro Gede Batur  yang juga selaku ketua badan pengawas LPD Batur  pengawas yang di dampingi anggota badan pengawas  LPD Batur, sangat mendukung segala program LPD Desa Adat Batur. Apalagi di masa Pandemi Covid-19 masyarakat di harapkan dapat melaksanakan kewajibannya di LPD.

"Dan yang lebih penting lagi kita sangat mendukung penuh berencana  LPD Batur berbasiskan digital untuk itu masyarakat Batur di harapkan dapat mendukung apa yang LPD Batur rencanakan di tahun 2021. Salah satunya dengan memberikan kepercayaan penuh pada pengelolaan dana dan pertisipasi krama dalam memanfaatkan produk-produk yang ada di LPD Desa Adat Batur," pungkasnya.( Yes)


TAGS :

Komentar