Bendesa Adat Duda Apresiasi Cepat Tanggap Bencana Alam dari Pemkab Karangasem

  • 19 Juni 2021 00:00 WITA

Amlapura,  BaliBanknews -
Bendesa Adat Duda sangat mengapresiasi respon cepat dari Pemkab Karangasem, khususnya Bupati dan Wakil Bupati Karangasem dalam membantu penanganan bencana tanah longsor.

"Saya Bendesa Adat Duda beserta prajuru mengapresiasi kecepatan pelayanan dalam hal tanggap darurat tanah longsor di Batu Gede," ungkap Bendesa Adat Duda, I Nyoman Sujana, S.Ag., ketika ditemui BaliBanknews Jumat (18/6/2021).

Sujana mengatakan, cepat tanggap dari Pemkab Karangasem, BPBD Karangasem dan Dinas PU sangat diapresiasi masyarakat. 

Lebih jauh dikatakannya,  kejadian tanah longsong menjadi musibah disaat ada hujan lebat dimana akses jalan dari Duda Timur dan Manggis tertimbun tanah longsor. Dengan kecepatan respon dari Pemkab Gianyar, secepatnya akses jalan bisa dibuka kembali.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Karangasem dan akses jalan dari Duda dan Manggis secepatnya bisa diperbaiki dan segera bisa dimanfaatkan warga," ucapnya. 

Pihaknya mengacungi jempol segala upaya pemerintah Karangasem dan pihak terkait karena kegigihan dari BPDD, PU dan memberi bantuan serta mengedukasi masyarakat untuk tetap waspada tanah longsor terutama di saat terjadi hujan lebat. 

"Kata Bapak Wakil Bupati, besok sudah mulai longdorannya dibersihkan yang menutup akses jalan dari Duda Timur menuju Batu Gede," ucap Sujana. 

Ia menambahkan jalur disana sangat rawan longsor sehingga diharapkan adanya pemeliharaan jalan dan got saluran air yang tertutup bisa dibersihkan sehingga jika hujan air bisa mengalir kesana. 

"Got harus dibersihkan, sehingga air yang mengalir dari atas tidak tersumbat. Karena got tersebumbatlah sehingga air menjebolkan jalan dan terjadi longsoran," ucapnya.

Ia mengharapkan, tanah di dataran tinggi sepanjang satu kilometer bisa di sender terasering terutama di daerah yang tanahnya labil. "Edukasi kepada masyarakat juga penting untuk menanam pohon penyangga agar tidak terjadi longsor," pungkasnya. (yes) 


TAGS :

Komentar