LPD Desa Adat Dausa Tempati Gedung Baru dan Berikan Kredit Tanpa Jaminan pada Krama

  • 30 Juni 2021 00:00 WITA

Bangli, BaliBanknews -
Kehadiran Gedung baru yang ada di sebuah lembaga adat seperti LPD membawa dampak positif untuk meningkatkan kepercayaan dan partisipasi krama. Seperti halnya LPD Desa Adat Dausa, Kecamatan Kintamani Bangli telah memiliki gedung baru sebagai kantor.

Pemucuk LPD Desa Adat Dausa, I Gede Widana, didampingi I Wayan Pimpin, selaku Pengeraksa LPD Dausa serta, Luh Putu Sri Artiningsih, ketika ditemui BaliBanknews Rabu (30/6/2021) di kantor LPD setempat
mengungkapkan gedung kantor baru sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada krama dan tempatnya lebih representatif.

"Dengan adanya kantor baru ini, pelayanan agar bisa lebih maksimal serta menambah tingkat kepercayaan krama kepada LPD," ucapnya.

Selain itu, lebih jauh diungkapkan Widana untuk lebih menggenjot tingkat kepercayaan krama, LPD Desa Adat Dausa  berikan kredit tanpa jaminan sebesar Rp 2 juta dan LPD Dausa juga sudah dibentengi dengan pararem di desa adat. Sebagai bentuk untuk memperkuat LPD.

"Diterapkannya pararem LPD adalah krama yang tidak melaksanakan kewajiban di LPD maka tidak akan mendapatkan hak dan kewajiban dari desa adat dan astungkara berkat adanya pararem masyarakat tidak ada yang membandel dan mau melaksanakan kewajiban," ucapnya.

Untuk pembangunan gedung kantor baru diakui Widana menghabiskan anggaran sebesar Rp 230 juta dan untuk pembangunan gedung baru murni dari modal LPD. "Kita tidak ada membebani krama dalam membangun gedung ini," ujarnya.

Lebih jauh diakuinya, LPD Dausa ditengah pandemi saat ini memang terkena dampak, namun tidak terlalu signifikan. Peran serta krama dalam memanfaatkan produk-produk LPD cukup bagus. 

Hal itu dibuktikan dengan aset LPD Dausa yang hingga Juni 2021 mencapai Rp 6,5 miliar dengan laba LPD yang dibukukan mencapai Rp 190 juta.

"Ini patut kita syukuri ini tentunya berkat dukungan dan kepercayaan Krama adat Dausa," ucapnya.

Bendesa Adat Dausa, I Gede Artana yang juga selaku ketua badan pengawas LPD Dausa
mengapresiasi positif atas kinerja LPD Dausa yang telah mampu membangun dan menempati gedung baru. Sehingga diharapkan mampu memaksimalkan pelayanan kepada krama dan juga meningkatkan pendapatan di LPD Dausa.

"LPD merupakan milik adat dan gedung kantor baru ini sebagai bentuk perkembangan LPD dan juga peningkatan dari segi pelayanan sehingga krama mendapatkan pelayanan yang lebih maksimal," ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya gedung kantor baru ini partisipasi krama untuk memanfaatkan produk-produk LPD semakin meningkat. Majunya LPD berimbas pada peningkatan kesejahteraan krama dan juga pembangunan di Desa Adat Dausa. (yes)


TAGS :

Komentar