Sambut Harkop Ke-74 Tahun, Koperasi di Gianyar Bisa Lewati Pandemi dan Dirayakan Secara Sederhana

  • 07 Juli 2021 00:00 WITA


Gianyar, BaliBanknews -
Guna menyambut Hari Koperasi yang ke-74 Tahun, Koperasi di Kabupaten Gianyar akan merayakan secara sederhana serta optimis Koperasi  bisa melewati situasi akibat pandemi Covid-19.
Demikian diungkapkan, Ketua Dekopinda Kabupaten Gianyar, I Ketut Saban,SE., di dampingi Drs. I Nengah Purya, selaku Sekretaris Dekopinda Kabupaten Gianyar, ketika ditemui BaliBanknews, Rabu (7/7/2021) di Kantor Koperasi Bhuwana Sardula.

Saban lebih jauh mengungkapkan, pihaknya menghimbau dan  mendidik anggota Koperasi agar tidak menarik dana besar-besaran, karena lembaga keuangan termasuk koperasi merupakan lembaga intermediasi, dimana Koperasi menjalankan prinsip-prinsip koperasi dari oleh dan untuk anggota.


Semua dana simpanan sukarela sudah disalurkan kepada anggota, sehingga asas manfaat dengan sistem.gotong royong tetap berjalan.

"Maksimal.memang apa yang kita miliki sekarang dimasa pandemi. Jangan bersepkulasi," ucapnya.

Penangihan tetap mendidik bahwa anggota harus membayar pinjamannya meskipun pokok tidak maksimal. Untuk memutar roda operasional koperasi.
"Kita tekankan bahwa koperasi adalah milik anggota. Mari kita bangun bersama-sama," ujarnya.

Selain itu, jika terjadi permasalah di likuidyas kita tetap bekerjasama dengan koperasi-koperasi yang memiliki cadangan likuiditas lebih. Di Gianyar kita pusatkan Puskop bisa menjadi fasilitator bagi anggota-anggotanya. Tentunya peran Puskop bisa mengambil andil dalam hal itu dengan spread Bunga  lebih ringan lagi " ucapnya.


Pandemi dirasakan hampir semua sektor dan pihaknya di Dekopin menekankan jangan coba-coba memarkup kinerja koperasi, pelaporan disampaikan apa adanya. Sehingga di Dekopin dan Dinas mengetahui bagaimana kondisi Koperasi. 

"Regulasi juga diharapkan bisa memberikan solusi atau keseimbangan ditengah situasi pandemi saat ini bagi Koperasi," ucapnya.

 

Ditambahkanya, jumlah Koperasi berbadan hukum di Kabupaten Gianyar secara keseluruhan hingga tahun 2021 sebanyak 1.257 Koperasi yang aktif sebanyak 980 Koperasi. "Tren keanggotaan saat ini naik. Sebelum Covid-19 yang berpatisipasi pada tahun 2019  Hari Koperasi ada 400 an," dan tahun 2021 ini dpat terus meningkat ucapnya.

Ia berharap, koperasi saat ini cerdas dalam  pengelola koperasi  dalam mengelola usaha sehingga tetap bertahan di era tatanan kehidupan baru.
persiapan harkop ke-74 sudah kita sudah  berkoordinasibersama pengurus Forum komunikasi Koperasi kecamatan dan kepala kantor Dinas Koperasi usaha kecil dan menengah kabupaten Gianyar dan  pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pengurus forum Koperasi Kecamatan tetap menjalankan perayaan secara sederhana dengan tetap.menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

"Saya mengharapkan interen di masing-masing Koperasi agar bisa melalsanakan Hari Koperasi secara sederhana," pungkasnya.( Yes)


TAGS :

Komentar