KSP Permata Utama Luncurkan Pinjaman Tanpa Angunan Untuk Anggota

  • 08 Juli 2021 00:00 WITA

Tabanan, BaliBanknews -
Dimasa pandemi Covid-19 semua sektor terpengaruh. Banyak anggota yang dirumahkan, tak jarang untuk menyambung hidup, mereka buka usaha dagang kecil-kecilan. Hal itu menggugah KSP Permata Utama berkantor pusat di Jl.Gunung Batukaru KM 3 No. 1A Tabanan ini meluncurkan pinjaman tanpa angunan untuk anggota yang berdagang. Demikian diungkapkan, Ketua KSP Permata Utama, I Made Jaya Artana.SE., ketika ditemui BaliBanknews Kamis, (8/7/2021).


Jaya  lebih jauh mengungkapkan, penyaluran kredit tanpa angunan ini sesuai dengan salah satu misi KSP Permata Utama yakni membantu para anggota yang memiliki usaha dagang kecil-kecilan dibantu dengan pinjaman tanpa anggunan.

"Kita mengucurkan pinjaman untuk pedagang kecil tanpa anggunan hingga Rp 10 juta kepada anggota yang memiliki usaha dagang. Tentu dengan persyaratan," ucapnya.


Dikatakannya, KSP Permata Utama tetap melakukan survey dengan syarat mendapatkan pinjaman tanpa jaminan ini yakni menjadi anggota dan harus memiliki simpanan di KSP Permata Utama. Yang belum anggota namun memiliki simpanan di KSP Permata Utama tidak bisa mendapatkan kredit tanpa anggunan ini, sebab mereka harus menjadi anggota terlebih dahulu. Begitu juga yang sudah mendapatkan KUR juga tidak dapat mengakses pinjaman tanpa jaminan ini.

Jaya  lebih jauh mengatakan, KSP Permata Utama terus berbenah di masa pandemi saat ini mengedepankan pelayanan cepat, tepat dan terpercaya. Merespon keluhan anggota, tepat dalam artian tepat transaksi dan waktu serta terpercaya akuntabilitas laporan tepat waktu.

"Di masa pandemi Covid-19 pelayanan menjadi penting dan kuncinya koperasi adalah anggota. Anggota sadar rasa memiliki otomatis mereka tidak menarik dana, begitu juga anggota yang meminjam tidak lupa untuk menunaikan kewajibannya," ucap Artana.

Selain itu, inovasi produk juga menjadi salah satu cara KSP Permata Utama untuk menumbuhkan semangat anggota seperti membuat simpanan dengan sistem point. Jika anggota menyimpan dana Rp 10 juta mereka akan meperoleh point yang mana point ini nantinya bisa diundi.

"Kita ingin terus menumbuhkan rasa memiliki anggota, koperasi adalah milik anggota. Nilai manfaat yang diutamakan koperasi untuk anggota, ya salah satunya pinjaman tanpa anggunan tadi sesuai dengan misi kita," ujarnya sembari mengatakan sesuai juga dengan visi KSP Permata Utama sebagai lembaga intermediasi antar anggota yang transparan saling memiliki.


Misi KSP Permata Utama lainnya dipaparkan Jaya  yakni mengelola dana anggota secara profesional dan akuntabel, dengan prinsip kehati-hatian, memberikan pelayanan cepat tepat, aman, nyaman dan terpercaya, meningkatkan tali persaudaraan dan loyalitas.

"Dari misi meningkatkan tali persaudaraan dan loyalitas kami sudah membentuk tim marketing bisnis, memberikan infomasi terkini ke anggota dan sudah berjalan dua bulan. Sambutan anggota cukup bagus, karena jarang sekali yang mengunjungi rumah anggota," ucapnya.

KSP Pertama Utama wilayah keanggotaan nya berada di wilayah Bali, kerena sudah masuk Koperasi nivo Provinsi. Dengan dukungan satu kantor cabang, satu kantor capem dan satu kantor kas tersebar di wilayah Kabupaten Tabanan.( Yes)


TAGS :

Komentar