LPD Desa Adat Nongan Tetap Eksis, Pelayanan Maksimal dan Jalin Komunkasi ke Krama

  • 10 Juli 2021 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
Ditengah pandemi Covid-19 ini berbagai sektor terkena imbas, tak terkecuali LPD Desa Adat Nongan. Meski demikian LPD Nongan masih tetap eksis dan mengedepankan pelayanan serta komunikasi yang baik dengan krama. Demikian diungkapkan Pemucuk LPD Desa Adat Nongan, I Ketut Mega ketika ditemui BaliBanknews Sabtu (10/7/2021) di kantor LPD setempat. 

Mega lebih jauh mengungkapkan,
ada dua prinsip yang dijalankam LPD Nongan dalam situasi seperti sekarang ini. Pertama adalah pelayanan kepada krama lebih maksimal. Sehingga penilaian masyarakat akan menjadi positif terhadap LPD. Baik pelayanan tabungan maupun membantu kredit ke masyarakat. Kedua yakni kontrol lembaga dan koordinasi yang bagus dan kepercayaan krama terhadap LPD.

"Apabila nasabah sudah sangat yakin terhadap LPD, maka masyarakat akan fanatik," ucapnya.

Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan LPD Nongan juga  mendekati secara kekeluargaan krama yang meminjam kredit untuk bisa memenuhi kewajiban seberapa mereka mampu membayar. 

Begitu juga jika ada jaminan dicarikan solusi saling menguntungkan. Sehingga pinjaman bisa diselesaikan. "Kita saling mencari solusi dan saling menguntungkan tanpa ada ketimpangan," ujarnya.

Mega mengatakan, LPD Nongan juga berkontribusi secara langsung ke pengayah di pura kahyangan tiga dengan  menganggarkan beras berkualitas terbaik untuk jro mangku desa. Membantu krama yang mengalami musibah dimana dikasi dana santunan, serta  kegiatan upacara yadnya di krama dan lainnya.

"Jangan dihitung dari nilainya, namun dari niat dan ketulusan LPD  dalam memberikan dan meringankan beban krama," ucapnya sembari mengatakan kegiatan pitra yadnya di bulan Agustus juga sudah disiapkan dana oleh LPD.

Dalam situasi seperti sekarang, Ia lebih menekankan juga pendekatan diri kehadapan Ida Shang Hyang Widi. Sehingga ada hubungan harmonis antara LPD dengan krama dan juga badan pengawas LPD yakni Bendesa Adat.

"Kami di LPD Nongan memgedepankan juga komunikasi yang baik dengan krama," ujarnya.

Apa yang diprogramkan berjalan dengan apa yang direncanakan. Mampu melayani nasabah dengan maksimal, baik penabung maupun penarikan, sehingga mampu mencapai laba.

"Pelayanan yang maksimal dan mampu membantu krama itu tujuan LPD Nongan. Saya harapkan masyarakat memiliki komitmen disiplin untuk kesehatan sesuai himbauan pemerintah. Jika sudah sehat otomatis akan bisa berusaha dan berimbas terhadap pelayanan di LPD. Majunya LPD Nongan juga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan krama dan pembangunan di desa adat," ujarnya sembari menambahkan hingga Juni LPD Nongan beraset mencapai Rp 18 miliar lebih dan laba sebesar Rp 220 juta. pungkasnya.( Yes)


TAGS :

Komentar