LPD Desa Adat Teruna Dukung Penerapan Pararem LPD

  • 15 Juli 2021 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
LPD Desa Adat Teruna mendukung penerapan pararem LPD. Hal itu untuk memperkuat tata kelola LPD sebagai lembaga milik desa adat serta sebagai benteng agar LPD Teruna tetap ajeg. Demikian diungkapkan, Pemucuk LPD Desa Adat Teruna, I Wayan Madra, didampingi Ni Nyoman Desiari selaku Petengen LPD Teruna ketika ditemui BaliBanknews Kamis (15/7/2021) di kantor LPD setempat.

Madra lebih jauh mengungkapkan, pengelolaan LPD Teruna selama ini mengikuti prosedur operasional (SOP) yang ada, sehingga lebih memperkuat dan mengatur secara lebih rinci tata kelola LPD. 

"Pararem akan lebih spesifik mengatur tentang sistem kerja kita di LPD Teruna," ucap Madra.

Madra mengatakan, LPD Teruna telah menerapkan pararem selama ini baik mengatur tentang dana likuiditas, penyelesaian masalah, dan semua yang menyangkut tentang tata kelola LPD. "Semua tata cara kerja LPD Teruna mengacu pada pararem yang ada," ujarnya.

Madra berharap, saat situasi seperti sekarang LPD harus mengikuti SOP yang diterapkan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. "Saat ini situasi sulit perlu antisipasi dalam segala arah. Menekankan bahwa LPD merupakan milik krama dan desa adat," ujarnya.

Madra mengatakan, maju dan berkembangnya LPD tergantung pada manajemen pengelolaan, peran serta dan dukungan krama. Saat ini yang diutamakan adalah tersedianya dana likuiditas.

"LPD Teruna saat ini memiliki dana likuiditas lebih bahkan idel. Sehingga krama bisa terlayani dengan baik," ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, masa pandemi saat ini masyarakat sangat paham terhadap posisi LPD. Pihaknya memaksimalkan pelayanan, meski tidak mencapai target apalagi banyak kegiatan masyarakat saat ini terhenti, bukan hanya terjadi di Bali namun juga secara nasional.

"Sehingga semua tata cara kerja LPD Teruna mengacu pararem yang penting untuk pengelola dan badan pengawas. Penguatan lembaga adat ini sudah tercantum di SOP dan pararem," ucapnya.

Kerjasama dengan desa adat, diakui Madra berjalan dengan baik. Dimana Bendesa Adat Teruna sangat mendukung program LPD Teruna untuk kemajuan dan memperkuat kinerja LPD Teruna tentu dengan prinsip kehati-hatian.

Bendesa Adat Teruna, I Wayan Gede Astawa yang juga selaku Ketua Badan Pengawas LPD Teruna, memgapresiasi positif dengan adanya pararem LPD. Sebab menurutnya akan memperkuat kedudukan LPD sebagai padruwen desa adat. Yang mana keberadaannya tentu untuk peningkatan kesejahteraan krama dan pembangunan di Desa Adat Teruna.

"Mari kita dukung dan manfaatkan produk-produk LPD Teruna. Demi ajegnya LPD Teruna dengan adanya pararem LPD akan memperkuat dan mengkhusus dalam mengatur tata kelola LPD ini," pungkasnya. (yes)


TAGS :

Komentar