Bendesa Desa Adat Duda Optimis Pararem LPD Selesai Akhir Tahun

  • 16 Juli 2021 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
Bendesa Desa Adat Duda mendukung penuh penerapan pararem di LPD Desa Adat Duda dan optimis akhir tahun pararem selesai dibuat. Demikian diungkapkan, Bendesa Desa Adat Duda, I Komang Sujana,SAg., yang juga selaku Ketua Badan Pengawas LPD Desa Adat Duda ketika ditemui BaliBanknews, Jumat (16/7/2021) di kantor LPD Desa Adat Duda.


Sujana lebih jauh mengungkapkan, selama ini belum ada payung hukum bagi LPD hanya diperkuat oleh Perda No 4 tentang LPD. Maka dengan adanya pararem diperkuat oleh awig - Awig  desa adat duda dan perda 4 secara umum, perarem agar mampu mengatur secara rinci dn spesipik semakin memperkuat keberadaan LPD di Desa Adat Duda.

"Yang paling utama memperkuat LPD secara sekala dan niskala desa adat dengan pararem LPD yang disepakati krama. Maka edukasi kepada masyarakat bahwa LPD itu merupakan dari,oleh dan untuk krama dengan payung kesepakatan di desa adat dengan menerapkan pararem LPD," ucapnya.

Diakui Sujana untuk memperkuat LPD, pararem menjadi point penting bagi pengelola LPD maupun krama sebagai pemilik LPD itu sendiri. Dimana terpenting mengelola LPD yakni mengedepankan profesionalisme pengurus LPD yang mana akan diatur dalam pararem yang sedang dirancang LPD bersama prajuru Desa Adat Duda sebagai perwakilan krama.

"Pararem menjadi satu-satunya payung sehingga kita bisa menuju ajegnya LPD dan Desa Adat Duda," ucapnya.

Sujana menekankan apapun kesepakatan krama dan LPD Duda bisa saling bersinergi dalam rancangan membuat pararem. Dimana selama ini pengurus LPD sudah melakukan pertemuan dengan prajuru yang nantinya rancangan pararem disahkan melalui paruman desa. "Kami berharap akhir tahun ini pararem LPD Desa Adat Duda bisa disahkan dan direalisasikan," harapnya.

Sujana pun yakin jika pararem LPD akan semakin memperkuat dan mengajegkan LPD di Desa Adat Duda, sebab setiap pararem yang dibuat desa adat sangat dipatuhi oleh masyarakat Duda. Untuk saat ini, sosialisasi pararem LPD akan terus dilakukan ke masyarakat, sehingga LPD Duda semakin kuat, jaya dan dipercaya masyarakat.

"Jika LPD kuat dan berkembang akan berimbas terhadap masyarakat. Tidak hanya memajukan perekonomian krama, namun juga berdampak lebih luas dalam sisi agama, adat, seni dan budaya akan semakin ajeg," ucapnya.

Lebih jauh diakuinya, LPD Duda tidak semata hanya mencari keuntungan, namun asas manfaat yang bisa diberikan ke krama dan Desa Adat Duda. Sehingga harus ada lompatan-lompatan kreatif prajuru maupun dari LPD Duda, salah satunya merencanakan kredit tanpa anggunan bagi krama yang berpotensi untuk mengembangkan usahanya.

"Kami di desa adat selalu mengedepankan komunikasi antara prajuru dengan pengurus LPD Duda, sehingga terjalin harmonisasi dan komunikasi yang baik untuk kemajuan LPD, kesejahteraan krama dan juga pembangunan di Desa Adat Duda. Kami optimis pararem akan segera terealisasi," pungkasnya.( Yes)


TAGS :

Komentar