LPD Desa Adat Tohjiwa Ajak Krama Dukung Penuh LPD

  • 17 Juli 2021 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
LPD Desa Adat Tohjiwa yang ada di kecamatan Sidemen Karangasem   mengajak masyarakat atau krama Tohjiwa mendukung penuh LPD, agar ajeg serta mampu berkontribusi lebih untuk peningkatan kesejahteraan krama dan pembangunan berlandaskan Tri Hita Karana di Desa Adat Tohjiwa. Demikian diungkapkan, Pemucuk LPD Desa Adat Tohjiwa, I Nengah Muka didampingi, I Wayan Wenten, selaku Penyarikan LPD Tohjiwa dan Ni Komang Setiawati, selaku Pentengen LPD Tohjiwa, ketika ditemui BaliBanknews, Sabtu (17/7/2021) di kantor LPD setempat.

Nengah Muka lebih jauh mengungkapkan, saat ini LPD bersama Desa Adat Tohjiwa sedang merancang pararem yang mampu menguatkan keberadaan LPD Tohjiwa di Desa Adat. Meskipun sanksi adat sudah ada, sehingga nantinya bisa dimasukan ke pararem LPD Tohjiwa. "Baru akan kita buat pararem sesuai dengan aspirasi masyarakat. Namun saat ini sedang pandemi covid-19, masyarakat banyak yang dalam situasi sulit," ucapnya.

Dikatakannya, sebagian besar masyarakat Tohjiwa berprofesi sebagai buruh di pasar sehingga berimbas terhadap penghasilan mereka dan berdampak juga terhadap LPD Tohjiwa. "Dari sisi kredit, kita memberikan keringanan kepada krama. Sesuai arahan bendesa imbauan dari pemerintah krama peminjam bisa hanya membayar bunga saja saat situasi saat ini," ucap Muka.

Nengah Muka mengatakan, selama ini LPD Tohjiwa sering memberikan sumbangan atau punia, seperti saat upacara ngaro di  6 banjar masing-masing banjar dipunia Rp 500 oleh LPD Tohjiwa.Begitu juga saat ngaben ngerit, LPD Tohjiwa memberikan Punia  senilai Rp 2 juta terdiri dari barang senilai Rp 500 ribu dan uang tunai Rp 1,5 juta. Untuk ngaben pribadi LPD Tohjiwa juga mepunia sebesar Rp 1 juta.

"Pemberian punia kami sesuaikan denga aset LPD. Jika dengan dukungan penuh masyarakat dalam memanfaatkan produk-produk LPD sehingga LPD bisa maju,maka berdampak terhadap peningkatan ekonomi krama dan pembangunan di Desa Adat Tohjiwa," ujarnya.

Selama ini diakuinya badan pengawas yakni Bendesa Adat Tohjiwa mendukung penuh keberadaan LPD. Dan berharap pengelola bisa menjaga dan mengembangkan LPD Tohjiwa.

Diharapkan, LPD merupakan milik desa adat dan krama sehingga perlu dukungan penuh dari masyarakat. Bagi yang punya uang silahkan menabung, bagi yang memiliki kredit bisa menunaikan kewajiban.

"Jika dapat dukungan penuh masyarakat sehingga LPD Tohjiwa maju, maka kita bisa memberikan subsidi setiap odalan. Jika ada ngaben kita akan tingkatkan subsidi ngabennya. Jika LPD betul-betul ajeg dan berkembang. Maka dukungan penuh itulah yang terpenting," ucapnya.

LPD Tohjiwa hingga Juli 2021 beraset Rp 5,2 miliar, laba mencapai Rp 78 juta. Ini patut disyukuri masih memperoleh laba di tengah situasi sulit dan semua tentunya  berkat dukungan kepercayaan Krama Tohjiwa dalam memanfaatkan produk layanan di LPD Tohjiwa. 

Bendesa Desa Adat Tohjiwa,  I Nyoman Simpen, yang juga selaku Ketua Badan Pengawas LPd Tohjiwa
mengajak masyarakat atau krama Tohjiwa untuk semaksimal mungkin memanfaatkan produk-produk yang ada di LPD Tohjiwa. Sebab, LPD merupakan milik krama Tohjiwa. 

"Maju dan berkembangnya LPD kita juga berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat dan pembangunan di Desa Adat Tohjiwa. Selain itu dari sisi Tri Hita Karana juga mampu berjalan dengan baik. Maka mari dukung penuh LPD yang kita cintai ini, biar tetap ajeg serta semakin memberikan asas manfaat kepada krama," pungkasnya.(yes)


TAGS :

Komentar