LPD Desa Adat Tulikup Kaler Miliki Program Ngaben Masal Gratis Si Pikat

  • 22 Juli 2021 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
LPD Desa Adat Tulikup Kaler memiliki program ngaben masal gratis bernama Si Pikat. Program ini untuk meringankan krama dalam melaksanakan kegiatan Pitra Yadnya. Demikian diungkapkan, Pamucuk LPD Desa Adat Tulikup Kaler, Drs. I Wayan Artha Utama, ketika ditemui BaliBanknews Kamis (22/7/2021)

Artha lebih jauh mengungkapkan, untuk ikut Si Pikat krama hanya bayar Rp 1 juta per KK, dan jika melaksanakan ngaben dapat manfaat sebesar Rp 7 juta dari LPD. Dari jumlah tersebut Rp 1 juta untuk melanjutkan produk Si Pikat dan sisanya Rp 6 juta untuk ngaben.

"Setiap krama yang melaksanakan kegiatan ngaben dapat Rp 6 juta dari manfaat Si Pikat. Apapun kegiatan ngaben yang dilaksanakan," ucapnya.

Ada tiga jenis ngaben di Desa Adat Tulikup Kaler yakni ngaben dadakan, ngaben ngewarsa dan ngaben ngemasa/kinembulan sesuai dengan pararem Desa Adat Tulikup Kaler.

Artha mengatakan program Si Pikat ini dilaunching sejak tahun 2015  dengan dukungan krama lewat hasil paruman. Peserta sampai dengan saat ini berjumlah  690 KK dari 728 KK Adat yang ada, sisanya yang belum ikut merupakan krama baru.

"Lebih jauh dijelaskan bahwa dengan hanya Rp 1 juta per KK maka peserta dan semua anggota keluarganya sudah masuk dalam klaim Si Pikat" ucapnya.

Pada tahun ini, diakui Artha LPD mengeluarkan dana  untuk kegiatan ngaben kinembulan mencapai Rp 360 juta. Hadirnya Si Pikat di LPD Tulikup Kaler ini bertujuan dapat meringankan beban krama dalam melaksanakan kegiatan Panca Yadnya, khususnya Pitra Yadnya.

"Dalam mensosialisasikan produk Si Pikat ke krama LPD memiliki 2 motto, yang pertama  "Hanya dengan  Rp 1 juta per KK Dapat Ngaben Gratis Selamanya,  dan yang kedua "Dumun ... Ngaben dengan Sertifikat,  Mangkin .... Cukup dengan Si Pikat," ucapnya.

Artha menambahkan, LPD Tulikup Kaler mepunia setiap odalan di Pura Kahyangan Tiga sebesar Rp 30 juta. Saat situasi covid 19, LPD mepunia Rp 20 juta untuk kegiatan upacara di Pura Kahyangan Tiga.Dukungan bendesa adat dan prajuru saling menjalin komunikasi baik dengan LPD.

Bendesa Adat Tulikup Kaler, Drs, I Gusti Ngurah Wijana, MM.MPd. yang juga selaku Ketua Badan Pengawas LPD Tulikup Kaler
mengapresiasi positif program-program yang dimiliki LPD Tulikup Kaler salah satunya program Si Pikat karena bertujuan untuk meringankan krama dalam melaksanakan kegiatan ngaben.

Wijana mengatakan, produk Si Pikat ini merupakan solusi yang tepat bagi krama. Dengan hanya Rp 1 juta per KK sudah dapat ngaben gratis selamanya. Untuk itu Wijana mengajak krama yang belum memanfaatkan produk Si Pikat agar segera ikut. Sebab manfaatnya sangat bagus dan sudah dirasakan oleh krama.

"Mari kita ikut mensukseskan program ngaben gratis yakni Si Pikat di LPD. Sebab LPD merupakan milik krama yang tentunya untuk peningkatan kesejahteraan krama dan pembangunan di Desa Adat Tulikup Kaler berlandaskan Tri Hita Karana," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar