Awal 2022, LPD Desa Adat Serai Kembangmerta Segera Miliki Pararem

  • 30 Juli 2021 00:00 WITA

Bangli, BaliBanknews -
LPD Desa Adat Serai Kembangmerta, Kecamatan Susut Bangli akan segera memiliki pararem LPD awal tahun 2022 guna memperkuat LPD dan juga semakin berkontribusi positif kepada krama Serai Kembangmerta.

Pemucuk LPd Desa Adat Serai Kembangmerta, I Wayan Kartikayasa, ketika di temui BaliBanknews, Jumat, (30/7/2021) di kantor LPD setempat mengungkapkan, adanya pararem LPD sebagai payung guna memperkuat kedudukan LPD di Desa Adat Serai Kembangmerta. Pararem LPD ini tentu saja melalui kajian dan persetujuan dari krama dan prajuru desa adat dan menyepakati apa yang tertuang dalam pararem LPD nantinya.

"Pararem ini tentu juga akan mengatur produk LPD salah satunya kredit, sebab kredit menjadi hal yang paling rentan permasalahannya," ucapnya.

Kartikayasa lebih jauh mengungkapkan selama ini untuk kredit pihaknya melakukan kunjungan ke krama secara kekeluargaan. Penyelesaian juga dilakukan melalui paruman di desa adat. "Saat ini belum ada krama yang melalui penyelesaian paruman," ucapnya.

Kartikayasa mengatakan, untuk itu pararem lebih memperkuat LPD dan mempertegas bahwa LPD merupakan milik krama. Sebab majunya LPD juga berimbas terhadap peningkatan kesejahteraan krama dan pembangunan di Desa Adat Serai Kembangmerta.

"LPD Serai Kembangmerta berkontribusi ke Desa Adat setiap tahunya mencapai hampir Rp 200 jutaan," ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, LPD tetap memberikan kemudahan bagi krama yang terdampak covid-19 berupa keringanan dalam pembayaran kredit. 

LPD Serai Kembangmerta saat ini beraset Rp 24 miliar meningkat dibanding tahun 2020 aset mencapai Rp 23 miliar. Laba saat ini baru mencapai Rp 300 juta dan ini patut di syukuri di tengah Pandemi masih dapat laba tentunya ini bisa diraih berkat dukungan Krama Serai Kembangmerta. Dimana LPD Serai Kembangmerta juga tetap mempercayakan dana likuiditas di Bank BPD Bali Cabang Bangli di mana hingga Juli total dana yang  ditempatkan mencapai Rp 4 miliar lebih dan LPD Serai Kembangmerta juga sudah memakai aplikasi Internet Banking Bussines (IBB).


Bendesa Adat Serai Kembangmerta, I Wayan Suasa sangat mendukung penuh diterapakannya pararem LPD Serai Kembangmerta. Sebab, akan membentengi LPD untuk tetap ajegnya LPD di desa adat. Disamping itu, LPD juga diharapkan bisa tumbuh dengan baik sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan krama dan pembangunan di desa adat, baik pembangunan palemahan, pawongan maupun parahyangan.

"Mari kita dukung pararem LPD dan masyarakat atau krama agar meningkatkan perannya sebagai pemilik LPD dengan memanfaatkan semaksimal mungkin produk-produk yang ada di LPD Serai Kembangmerta," pungkasnya.( yess)


TAGS :

Komentar