Masa Pandemi, LPD Desa Adat Serokadan Lakukan Pendekatan Kekeluargan, Berikan Potongan Bunga

  • 31 Juli 2021 00:00 WITA

Bangli, BaliBanknews -
Di masa pandemi covid-19, LPD Desa Adat Serokadan memberikan keringanan pembayaran bunga kepada krama yakni potongan satu kali bunga gratis. Begitu juga dalam penyelesaian kredit dilakukan pendekatan secara kekeluargaan.

Pemucuk LPD Desa Adat Serokadan, Sang Nyoman Ngurah ketika ditemui BaliBanknews Sabtu (31/7/2021) di kantor LPD Serokadan mengungkapkan, pendekatan secara kekeluargaan menjadi salah satu cara LPD dalam menyelesaikan permasalahan di kredit. Saat ini masyarakat terdampak covid-19, LPD paham dengan situasi masyarakat saat ini.

"Kalau bisa bayar bunga saja sudah cukup dalam situasi saat ini. Dengan pendekatan kekeluargaan ini masyarakat akan semakin paham akan kewajibannya. Tentu dengan kebijakan berapapun krama  bisa  bayar. Hal itu sudah ada niat untuk membayar," ucapnya.

Lebih jauh diungkapkannya, sementara saat ini penyelesaian baru melibatkan LPD, belum melibatkan prajuru Desa Adat Serokadan. LPD memberikan pemahaman kepada krama, bahwa LPD merupakan milik krama.

"Semua orang tidak ingin punya hutang. Namun karena kepepet dan perlu uang. Sehingga di lembaga yakni LPD memberikan keringanan saat ini," ucapnya.

Dari sisi likuiditas, diakui Sang Nyoman saat ini likuiditas LPD Serokadan mencukupi. Dengan aset saat ini Rp 13 miliar dengan laba saat ini mencapai Rp 100 juta lebih . Dalam situasi seperti sekarang memperoleh laba sudah sangat disyukuri karena LPD masih memperoleh laba.

"Aset naik karena kepercayaan krama meningkat dari tahun sebelumnya aset Rp 12 miliar. Sektor pertanian, perkebunan dan peternakan yang mendominasi penempatan dana di LPD sehingga mengalami peningkatan," ujarnya.

Ia berharap, masyarakat kedepannya agar meningkatkan peran serta dalam memanfaatkan produk-produk LPD Serokadan. Jika nasabah kredit lancar satu kali angsuran bunga sekali diberikan bunga satu kali gratis. Hal ini untuk memicu masyarakat untuk memperoleh keringanan bunga. 

"LPD berencana juga memberikan undian bagi krama yang kreditnya lancar serta krama penabung. Karena itu sebagai bentuk apresiasi LPD Serokadan kepada krama," ucapnya.

Diakuinya, program tersebut sangat didukung oleh prajuru desa karena bersifat positif bagi krama.

 

Bendesa  Adat Serokadan,I Dewa Gede Oka,SH., memgapresiasi positif langkah-langkah LPD Serokadan dalam memberikan keringanan kepada krama disaat pandemi seperti sekarang ini. Begitu juga dengan program LPD lainnya yang tentu memberikan dampak positif akan selalu didukung.

Ia berharap, krama Serokadan semakin.mempercayakan dan memanfaatkam produk-produk yang ada di LPD Serokadan. Sebab mundur dan berkembangnya LPD tergantung krama, sehingga peran krama dalam mengembangkan LPD sangat besar. 

"LPD berkembang akan berimbas terhadap peningkatan kesejahteraan krama dan juga pembangunan di Desa Adat Serokadan," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar