LPD Jimbaran Luncurkan Kredit Nelayan dan Pedagang Kecil, Miliki Produk Pitra Yadnya & Sesari Plus

  • 10 September 2021 00:00 WITA

Mangupura, BaliBanknews -
LPD Desa Adat Jimbaran meluncurkan kredit untuk nelayan dan pedagang kecil dan memiliki produk pitra Yadnya dan  Sesari Plus.

Pemucuk LPD Desa Adat Jimbaran, I Ketut Nuriana,SE., di dampingi Ni Made Suwami, selaku Petengen LPD Jimbaran serta I Wayan Gade Susandi,SE., yang juga selaku Penyarikan LPD Jimbaran ketika ditemui BaliBanknews Jumat (10/9/2021) di kantor LPD setempat mengungkapkan, LPD Desa Adat Jimbaran memiliki produk pitra Yadnya dan  Sesari Plus. Berkontribusi pada krama  untuk upacara Pitra Yadnya, dimana pertama sebesar Rp 25 ribu sampai Rp 200 Ribu namanya prodak pitra Yadnya,  pada saat meninggal mendapat Rp 1 juta. Pada saat ngaben mendapat Rp 2 juta. 

"Itu merupakan produk dan bukan gratis. Setelah itu, berkembanglah selanjutnya LPD ingin juga membantu krama ke jenjang berikutnya untuk prosesi selanjutnya. Ada nyekah maka kita tambahkan produk pilihan dengan setoran Rp 200 ribu," ucapnya.

Lebih jauh Nuriana manambahkan hadirnya prodak di  LPD  Jimbaran  bertujuan menjadikan lembaga milik Krama yang  dapat berprofit dan bermanfaat bagi krama, dengan produk pilihan tersebut, krama saat ngaben mendapat Rp 2 juta, nyekah Rp 1 juta dan totalnya Rp 7 juta. Dan ini merupakan produk pilihan yang mana saja dibolehkan dan tinggal di upgrade.

"Sebenarnya ini subsidi silang dan bukan profit. Setelah ini terus berkembang hingga LPD memiliki produk Rp 300 ribu yang di bayar sekali saja kepada setiap Jiwa Krama dan  menyasar krama nol tahun," ucapnya.

 Prodak  sesari plus 300 ribu yang  ikut mulai dari 0 tahun  sampai dibawah 15 tahun  akan mendapatkan manfaat dan di umur  17 tahun  mendapatkan  Rp 1 Juta  Menikah Rp  1 juta  dan berlanjut ke santunan pitra Yadnya kalau ikut diatas 15 tahun yang  didapat manfaatnya pada saat menikah 1 juta  dan dilanjutkan ke santunan pitra Yadnya pada saat meninggal dunia.

"Kita menyasar manfaat LPD itu salah satunya ke Panca Yadnya dan produk Rp 300 ribu sudah sejak 2017. Kesadaran krama ini sangtlah baik sehingga  kita akan terus kita  gencarkan produk ini yang merupakan memiliki krama semakin tinggi," ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya, LPD juga memberikan subsidi  dari subsidi silang tersebut. Dimana saat ini produk yang Rp 25 ribu hampir seluruh krama Jimbaran  ikut. Dimana pihaknya selalu menekankan bahwa LPD merupakan milik krama dan terus mensosilisasikan manfaat adanya LPD ke krama. 

Selain itu, ditambahkannya untuk mengairahkan perekonomian di Desa Adat Jimbaran, LPD Desa Adat Jimbaran di masa pandemi meluncurkan kredit bagi nelayan dan pedagang kecil. 

"Kredit ini untuk krama Desa Adat Jimbaran yang berprofesi sebagai nelayan maupun pedagang. Di mana nilai kredit Rp 25 juta dengan bunga kredit sangat murah  0,6% menurun setiap bulanya untuk krdit kepada para Nelayan saat sudah ada sekitar 5 tempekan  nelayan dengan jumlah 350  orang nelayan ," ucapnya.

Bendesa Adat Jimbaran, I Gusti Made Rai Dirga Arsana Putra,S.Com., yang juga selaku Ketua Badan Pengawas LPD Jimbaran
mengapresiasi program-program LPD Jimbaran yang memberikan manfaat positif bagi krama dan pembangunan di Desa Adat Jimbaran.

Ia berharap, krama memanfaatkan produk-produk LPD Jimbaran lebih maksimal. LPD merupakan lembaga adat milik krama.

"Mari kita manfaatkan produk maupun program LPD Jimbaran. Maju dan berkembangnya LPD tidak terlepas dari peran krama. Jika LPD berkembang maka kesejahteraan masyarakat dan juga pembangunan di Desa Adat Jimbaran juga meningkat," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar