Bank BPD Bali dan LPD di Kabupaten Bangli Perkuat Sinergitas Layanan Keuangan Digital

  • 24 September 2021 00:00 WITA

Bangli, BaliBanknews -
Bank BPD Bali dan LPD di Kabupaten Bangli memperkuat sinergitas layanan keuangan digital.

Kepala Bank BPD Bali Cabang Bangli, I Gusti Agung Gede Suadnyana,ST., didampingi, Dewi Krisnayanti,SE., selaku Kasi DJA Bank BPD Bali Cabang Bangli ketika ditemui BaliBanknews Jumat (24/9/2021) bertempat di Bali Woso Bangli mengungkapkan kerjasama Bank BPD Bali Cabang Bangli dengan LPD di Kabupaten Bangli dari awal sampai saat ini berjalan dengan baik. Bank BPD Bali sebagai agen pembangunan di Bali sudah melakukan inovasi baik itu produk maupun layanan keuangan dengan adanya E-link LPD dan juga merchant QRIS LPD dengan Bank BPD Bali.

"Untuk Internet Bussines Banking sudah sebagian besar LPD memanfaatkan layanan itu. Begitu juga E-link LPD baru digunakan oleh LPD Pengotan, LPD Palakting, LPD Kebon serta LPD Metra dan masih dikembangkan untuk LPD yang lainnya," ucapnya.

Diakuinya, E-link LPD dengan perkembangan digitalisasi sangat penting. Karena kedepan dituntut inovasi-inovasi yang berbasis digital. Begitu juga transaksi non tunai QRIS akan diakuisisi untuk bisa dikembangkan oleh LPD. Sehingga kerjasama dengan LPD lebih luas lagi terutama menyasar krama yang tentunya tidak membuka lagi account di bank, namun mereka tetap menjadi nasabah di LPD dan bisa memanfaatkan layanan ini untuk bertransaksi antar bank.

Diharapkan, dalam situasi pandemi saat ini, lebih banyak transaksi akan melalui digital sehingga bisa lebih luas dimanfaatkan oleh LPD di Kabupaten Bangli. 

Wakil BKS LPD Kabupaten Bangli, I Ketut Suarno yang juga selaku Pemucuk  LPD Desa Adat Pengotan mengungkapkan, tidak bisa dipungkiri semua sektor terdampak pandemi, begitu juga LPD. Untuk itu bagaimana cara menjalin komunikasi agar persatuan LPD di Kabupaten Bangli lebih kuat. Di masa pandemi ini Bank BPD Bali hadir sebagai sahabat sejati LPD. 

"Kami mengharapkan kita lebih callingdown dimasa pandemi. Kita bersyukur Bangli bisa bertahan karena masyarakat bergerak di sektor pertanian sehingga dampak positif dirasakan juga oleh LPD," ucapnya.

Dikatakannya, saat ini digitalisasi bagi LPD sangat penting. Karena perkembangan teknologi tidak bisa dihindari. BKS LPD Bangli telah bekerjasama dengan Bank BPD Bali dan PT USSI untuk bersama-sama meningkatkan penggunaan teknologi dalam pengelolaan LPD. 

"Tidak ada yang bisa menghindar dari teknologi termasuk LPD. Kita harus juga mampu mengupgrade agar bisa mengikut perkembangan zaman yang ada. Kami mengucapkan terimakasih kepada LPD yang telah mengaplikasikan teknologi. Kita tidak usah ragu untuk mengaplikasikan teknologi kerjasama dengan Bank BPD Bali," ujarnya.

Wakil Koordinator LPLPD Kabupaten Bangli, I Gusti Nyoman Rijasa mengungkapkan aplikasi layanan keuangan digital yang diberikan oleh Bank BPD Bali agar bisa dimanfaatkan maksimal oleh LPD di Kabupaten Bangli. Apalagi dalam situasi pandemi saat ini.

"Kita tetap optimis untuk maju. Bagaimana menjaga likuiditas dengan baik, bagaimana menjaga kondusifitas LPD. LPD di Bangli berjumlah 159 LPD tumbuh baik dimana aset hingga Agustus tahun ini mencapai Rp 1,2 triliun dan laba Rp 20,9 miliar," ucapnya.

Begitu juga dengan dana pihak ketiga yang diakuinya mampu tumbuh positif serta kredit juga menggeliat. Secara umum LPD di Bangli kondisinya bagus dibandingkan kabupaten lain. Karena, ada beberapa yang mengandalkan pariwisata tetapi kita lebih banyak masyarakat yang bergerak di sektor pertanian dan peternakan.

Sementara, I Wayan Kartikayasa yang juga selaku Pemucuk LPD Desa Adat Serai Kembang Merta mengungkapkan layanan keuangan digital Bank BPD Bali untuk LPD dirasakan sangat penting dan memberikan kemudahan bagi LPD dalam menjalankan pengelolaannya. 

"Layanan keuangan digital Bank BPD Bali sangat kita rasakan manfaatnya. Transaksi lebih mudah dan cepat. Hanya dengan aplikasi di HP sudah bisa melaksanakan transaksi. Maka saya berharap LPD lainnya yang belum mengakuisisi layanan keuangan digital agar segera memanfaatkan layanan ini, apalagi ditengaj situasi pandemi, ini sangat bermanfaat," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar