LPD Desa Adat Umanyar Berikan Kredit Tanpa Jaminan Pada UMKM serta Berbasiskan IT

  • 09 Oktober 2021 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
Pemucuk LPD Desa Adat Umanyar, I Putu Gustika, di dampingi I Made Agustiana, selaku Penyarikan LPD Umanyar serta I Gusti Putu Rata selaku Patengen LPD Umanyar ketika di temui BaliBanknews pada Sabtu,9/10/2021 di kantor LPD setempat mengatakan punya program kredit tanpa jaminan pada UMKM. LPD juga sudah berbasis IT. 

"Pedagang kecil bisa pinjam sampai Rp 3 juta tanpa jaminan. Peternak bisa untuk kembangkan ternak. Tapi harus ada tabungan tiap hari, minimal saldo Rp 1,5 juta. Jika tidak mampu bayar, akan didatangi petugas. "Apapun yang mereka punya diserahkan lewat paruman desa. Karena begitu aturannya. Pertanggungjawaban nya ke paruman desa," jelasnya.

Menurutnya  Ketentuan adat inipun, membuat tidak ada krama yang samai nunggak kredit. "Semua lancar, mungkin malu tanpa jaminan kok macet. Kalau tidak pandemi, kita rencana bisa keluarkan kredit Rp 5 juta tanpa jaminan," jelasnya. 

Aset LPD Umanyar saat ini sekitar Rp 5 milyar lebih  dengan laba Rp 90 jutaan. "Karena LPD baru berkembang Tahun 2016, modal awal waktu kami ambil alih hanya Rp 17 juta," jelasnya.

Sampai saat ini, diakui kepercayaan krama semakin meningkat. "Krama langsung nabung saat itu, akhirnya kita dalam sebulan ada target Rp 100 juta. Ternyata bisa malah lebih. Sangat percaya," jelasnya. Hanya saja, bencana alam Gunung Agung erupsi dan pandemi agak membuat LPD kelimpungan. "Padahal target kami tahun ini Rp 8 M," tetapi kita patut bersyukur di tengah Pandemi masih bekukan laba  jelasnya. 

LPD tetap bersinergi dengan krama. Dituangkan dalam pararem yang sedang digarap. Beberapa wujud sinergitas lewat dana pendidikan dan aksi sosial. " Kita ada sumbangan pendidikan, warga kurang mampu, lansia. Saat pandemi sudah bagi sembako, sudah 3 kali," jelasnya. 

Kedepan pihaknya optimis bisa memajukan LPD. Apalagi sudah menggunakan core sistem. "Server hidup 24 jam. Dari SMS banking krama bisa kontrol sendiri uangnya. Tidak lagi ke Kota bayar listrik, BPJS, cukup dari desa," tandasnya.

Sementara itu Bendesa Adat Umanyar, I Gede Putu, yang juga selaku ketua badan pengawas LPD Umanyar mengungkapkan sangat mengapresiasi positif  atas kinerja LPD di masa Pandemi untuk kita berharap pada seluruh Krama Umanyar agar tetap memberikan dukungan dan kepercayaan pada pengelolaan dana di LPD dan kami selaku Bendesa adat akan tetap mendukung secara penuh setiap kebijkan LPD sehingga kedepannya LPD Umanyar semakin maju dan berkembang.( Yess)


TAGS :

Komentar