Desa Sengkidu Optimis Dari ODF Menuju Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Tahun 2021 Terwujud

  • 12 Oktober 2021 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
Desa Sengkidu optimis dari Open Defecation Free (ODF) menuju Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)  di tahun 2021 ini segera terwujud.

Kepada Desa Sengkidu, I Wayan Darpi,SH., didampingi, I Nyoman Rintha selaku Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sengkidu ketika ditemui BaliBanknews Senin, 11/10/2021 di Kantor Kepada Desa Sengkidu mengungkapkan, kesiapan Desa Sengkidu dalam menghadapi STBM semua sudah ODF.

"Sengkidu sudah siap betul. Semua warga Sengkidu udah memiliki jamban dan sudah dimanfaatkan. Selain juga cuci tangan sudah dari jaman ODF apalagi ditengah pandemi Covid-19 wajib cuci tangan," ucapnya.

Lebih jauh diungkapkan Darpi, makanan dan minuman yang sudah diolah dengan tepat dan makanan ditutup sehingga terhindar dari lalat. Begitu juga air minum untuk masyarakat dari dua sumber yakni air PDAM dan sumur. Dimana untuk pembuangan air limbah, prebekel dan masyarakat juga sudah membuat septictank dan sampah juga tidak mengotori desa lain.

"Perbekel memiliki dua penampungan samapah satu untuk bank sampah, satu untuk pengolahan sampah jadi pupuk, jadi kelima pilar tersebut sudah berjalan dan tidak ada masalah. Kami optimis Desa Sengkidu siap menerima STBM yang akan diverifikasi tahun 2021," ucapnya.

Darpi berharap tetap bisa merangkul seluruh komponen masyarakat untuk selalu bersinergi dan berkolaborasi. Dimana dengan Desa Adat Sengkidu sudah sinergitas dan kolaborasi sudah berjalan.

"Seandainya sudah deklarasi STBM maka masyarakat Sengkidu sehat, lingkungan sehat sehingga masyarakat tidak ada yang terjangkit DBD muntaber masal. SDM sehat, lingkungan sehat itu harapan kami,"  harapnya. (yess)


TAGS :

Komentar