Masa Pandemi LPD Desa Adat Nongan Tetap Salurkan Kredit Berkat Dukungan Krama

  • 16 Oktober 2021 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
Dimasa pandemi covid-19, LPD Desa Adat Nongan tetap menyalurkan kredit berkat dukungan krama Desa Adat Nongan.

Pemucuk LPD Desa Adat Nongan, I Ketut Mega ketika ditemui BaliBanknews Sabtu,16/10/2021 di kantor LPD setempat mengungkapkan, dimasa pandemi beban lembaga adat LPD sangat besar, jika tidak menyalurkan kredit LPD  sehingga 
Dengan pikiran cerdas dan positif, berani melempar kredit dengan memilah milah untuk menyalurkannya. Saya harus mengeluarkan kredit maksimal, dimana pihaknya berkoordinasi dengan krama, kalau nasabah meragukan otomatis kita tidak berikan pinjaman.

"Dimasa pandemi kredit yang kita salurkan sesuai dengan aturan dan juga melihat kemampuan bayar nasabah," ucapnya.

Dikatakannya, keyakinan krama sangat mempengaruhi tata kelola LPD Nongan. Dimana, LPD tumbuh dan berkembang berkat dukungan krama. "Kita melayani krama desa adat dengan maksimal," ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, dalam penyaluran kredit, pihaknya melakukan rapat koordinasi dengan badan pengawas dengan mengambil keputusan dan  pertimbangan-pertimbangan matang. "Sampai saat ini LPD Nongan masih berjalan meskipun ada penurunan dalam segala sektor. Dimana dalam sebulan LPD Nongan mampu menyalurkan kredit hingga Rp 300 juta," ucapnya.

Diungkapkannya, LPD Nongan juga mengedepankan tata kelola profesionalisme dan juga transaparansi. LPD Nongan berbasiskan adat, agama, seni dan budaya. Bahkan LPD Nongan juga memberikan apresiasi catu berupa 25 Kg beras kelas satu  kepada para pemangku Pura Kahyangan Tiga. Begitu juga dengan kegiatan lainnya di Desa Adat Nongan, LPD tetap memberikan dukungan. 

"Para pemangku diapresiasi LPD, karena mengabdi kepada desa adat dan ini bentuk dukungan LPD kepada para pemangku," ucapnya.

Dikatakannya, apapun yang dilakukan bukan kehendak pengurus LPD, namun berasal dari rapat desa dan juga usulan. Terkecuali, untuk karya di pura LPD memiliki inisiatif untuk memberikan punia, bantuan kepada krama yang terkena musibah alam, dan juga dalam kegiatan ngaben LPD memberikan punia serta pajeng untuk sawa.

Lebih jauh dikatakannya, jika LPD Nongan terus mengalami peningkatan dan situasi kembali normal, pihaknya memiliki rencana dimana setiap odalan atau upacara di masing-masing pura LPD bisa maksimal memberikan punia. 

"Kedepan punia harus terus ditingkatkan, asalkan LPD juga semakin berkembang. LPD maju bukan karena pengelola, namun karena dukungan seluruh  krama Nongan," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar