LPD Desa Adat Landih Berikan Kredit Pemeliharaan Jeruk pada Petani Tanpa Jaminan

  • 24 Oktober 2021 00:00 WITA

Bangli, BaliBanknews -
Petani jeruk di desa adat landih patut merasa bahagia, pasalnya pemeliaharaan hingga panen jeruk di bantu oleh LPD. Demikian diungkapkan Pemucuk LPD desa Adat Landih, I Nyoman Suradnya ketika di temui BaliBanknews pada Sabtu, 23/10/2021 di kantor LPd setempat.

Diterangkan I Nyoman Suradnya, bantuan yang diberikan berupa kredit untuk pemeliharan jeruk tanpa jaminan. Ini sebagai bentuk perhatian LPD desa adat Landih terhadap petani jeruk sehingga mereka bisa merasa tenang selama Pemeliharan.

“Otomatis dengan kredit tanpa jaminan ini, petani jeruk sedikit tenang apalagi nantinya segala bentuk pembayaran seperti peturunan di desa dapat mereka bayar,”ungkap Suradnya.

Ditambahkan suradnya, nilai kredit tanpa jaminan yang diberikan nilainya mulai dari 5 juta sampai 20 juta lebih. Nilai kredit disesuiakan dengan permintaan petani namun awalnya tetap 5 juta selanjutnya bisa mengajukan kembali dengan nilai diatas 5 juta.

“Jika tidak membayar cicilan, sangsi adat diberikan kepada mereka dan ini sudah disepakati bersama desa adat. Karena ini jaminan adalah kebun jeruk, maka jika menunggak LPD berhak menjual hasil jeruk tersebut,”terangnya.

Jadi ini murni khusus kredit pembiayaan untuk kebun jeruk, pinjaman tersebut hanya bisa dipakai untuk pemeliharan jeruk mulai penanaman, pemupukan hingga panen. 

“Petani tidak diberikan uang cash, agar tidak disalah gunakan nantinya, khusus untuk pemeliharan jeruk misal petani jeruk memerlukan pupuk atau rabuk dapat membeli di toko yang sudah ditunjuk tinggal nanti menyetorkan bukti nota pembelian di LPD dan uang akan diganti sesuai jumlah kredit mereka,”imbuhnya.

Saat ini aset yang dimiliki oleh LPD Desa Adat Landih sebesar 12 miliar lebih dengan laba 200 juta dan target kedepan laba yakni 225 juta dan optimis akan tercapai.

“LPD desa adat landih, di masa pandemi ini masih eksis, pariwisata bukan menjadi andalan disini, sebagian besar adalah petani jeruk yang tidak terdampak pandemi. Semoga LPD kami tetap selalu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat desa disini,”tutup suradnya.( Yess)


TAGS :

Komentar