LPLPD Kabupaten Tabanan Beri Pembinaan Rutin ke LPD

  • 01 November 2021 00:00 WITA

Tabanan, BaliBanknews -
LPLPD Kabupaten Tabanan memberikan pembinaan kepada LPD. Dalam kegiatan rutin ini, LPLPD juga berharap LPD menyiapkan dana likuiditas jelang perayaan Galungan dan Kuningan.

Koordinator LPLPD Kabupaten Tabanan, I Dewa Nyoman Alit Astina,SE., ketika ditemui BaliBanknews Senin 01/11/2021 di kantor LPLPD Kabupaten Tabanan di Banjar Mandung mengungkapkan, LPD harus menjaga dana likuiditas menjelang hari Raya Galungan dan Kuningan, terutama saat penampahan Galungan. Sebab, umumnya masyarakat akan menarik dananya untuk kegiatan tersebut. 

"Kebutuhan Galungan dan Kuningan lumayan, sehingga kita harap likuiditas LPD ditambah lagi sedikit. Kita cukup bertahan ditengah pandemi ini. Terpenting masih bisa melayani krama," ucapnya.

Astina lebih jauh mengungkapkan, rencana kerja tetap digunakan hanya saja kondusifitas lembaga tetap dijaga. Begitu juga memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam menarik tabungan harus karena kebutuhan terdesak dan digunakan bukan untuk kebutuhan konsumtif, karena situasi saat ini masih sulit.

"Kita terus berikan pemahaman kepada krama dan menjaga likuiditas tetap aman," ucapnya.

Diakuinya secara menyulurh partisipasi masyarakat terhadap LPD tetap meningkat berdasarkan tolak ukur aset dan laba. Dimana pihaknya setiap hari melakukan.pembinaan sesuai dengan wilayah masing-masing. Dimana saat ini, LPD di Tabanan lebih banyak merencanakan pararem, pembentukan rencana kerja, operasional dan terpenting menjaga likuiditas.

Disaat ini diharapkan peran panureksa atau pengawas LPD dalam memberikan pendampingan untuk menerima serta menjawab kepentingan krama, melihat situasi sekarang ini. "Paling tidak pengurus LPD tetap didampingi oleh panureksa," ujarnya.

Jumlah LPD di Kabupaten Tabanan 308 LPD yang beroperasi sebanyak 266 LPD yang tersebar di 10 Kecamatan sedangkan LPD yang tidak jalan sebanyak 42 LPD dan tahun ini. LPPD sudah bisa membangkitkan 8 LPD. Aset LPD Kabupaten Tabanan hingga September 2021 mencapai Rp 1,9 tirliun dan laba mencapai Rp 29,9 milliar.

"Kita harapkan LPD di Tabanan tetap menjaga kondusifitas. Kondisi saat ini bagaimana menanamkan kepercayaan kepada masyarakat. Semua komponen pengelola dan badan pengawas tetap berkoordinasi. Bagaimana saat ini masyarakat merasa terayomi dan terlindungi," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar