Mirip Bank Umun, Nasabah makin Asik Akses ke LPD Beraban

  • 02 November 2021 00:00 WITA
Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik LPD Desa Adat Beraban



Tabanan, balibanknews.com
Melalui aplikasi LPD digitalnya kini LPD Desa Adat Beraban beroperasi mirip bank umum. Selain bisa akses keuangan melalui aplikasi LPD mobile, nasabah juga bisa melakukan transfer dan transaksi lainnya bukan hanya antar nasabah LPD tapi juga ke bank umum melalui aplikasi e-link Bank BPD Bali. Bahkan, semenjak memiliki mesin ATM nasabah makin "asik" akses ke LPD beraban karena bisa menarik dana mereka setiap waktu.


"Mesin ATM di LPD kami bisa dibilang lebih praktis karena tidak pakai kartu, kalau mau tarik uang harus melalui aplikasi LPD mobile yang harus dimiliki tiap nasabah, aplikasinya tinggal di download langsung bisa dipakai," ujar I Made Suardika, selaku Pemucuk LPD Desa Adat Beraban Senin (1/11/2021).
Diakui Suardika, semenjak memiliki mesin ATM dari tahun 2019 aktivitas transaksi nasabah LPD makin meningkat, bahkan menurutnya terjadi peningkatan hingga 70 persen khusus untuk pengguna LPD mobile. "Saat ini memang belum semua nasabah di LPD Beraban sudah mendownload aplikasi LPD mobile, sasarannya lebih ke kaum millenial karena cenderung melek tekonologi dan punya smartphone, saat ini nasabah baru pasti langsung kami arahkan untuk langsung download aplikasinya," tambahnya.
Dalam satu bulan diakui transaksi yang terjadi pada mesin ATM bisa menyentuh nominal Rp 200 - 300 juta. Meski mengaku tidak mendapat banyak keuntungan melalui transaksi mesin ATM, namun tujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada kerama setidaknya sudah tercapai. "Permintaan untuk memiliki mesin ATM sudah disampaikan sejak beberapa tahun lalu oleh krama adat setempat, dan kami berhasil merelisasikannya tahun 2019, kini kapan pun krama ingin menarik dana mereka, mesin ATM siap membantu," ujarnya.
Suardika menjelaskan sedikit tentang perkembangan keuangan LPD Beraban. Aset LPD ini hingga bulan September 2021 sudah menyentuh angka Rp 116 miliar dengan pinjaman tersalurkan sebesar Rp 72 miliar. Diharapkan hingga tutup tahun ini seluruh target tercapai dengan baik.
Saat ini LPD Desa Adat Beraban adalah satu-satunya LPD di Kabupaten Tabanan yang sudah punya mesin ATM, diharapkan LPD lain segera mengikuti langkahnya sehingga kualitas pelayanan tak kalah dari bank umum mengingat saat ini peran teknologi sangat penting bagi kemajuan bisnis lembaga keuangan. [Mdy]

 

 

 

 

 


TAGS :

Komentar