LPD dan Desa Adat Mas Bersinergi Bagikan Paket Sembako

  • 05 November 2021 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
LPD dan Desa Adat  Mas serta Desa Dinas Mas melalui alokasi dana semesta berencana Bali tahun 2021 saling bersinergi dalam membagikan paket sembako kepada masyarakat/krama Desa Adat Mas.

Pemucuk LPD Desa Adat Mas I Made Ardana, SE., saat ditemui BaliBanknews mengungkapkan, pembagian sembako ini sudah kedua kalinya. Pertama sembako dibagikan tahun 2020 lalu dan saat ini LPD juga bersinergi dengan Desa Adat Mas membagikan kepada 2.000 KK.

"Kami saling bersinergi LPD dan Desa Adat dimana dianggarkan dana sebesar Rp 100 jutaan. Dimana LPD Rp 60 juta, dari LPd Mas dan  Rp 40 juta dari desa adat ," ucapnya.

Dikatakannya, pemberian sembako ini merata. Ini bentuk bantuan LPD dan Desa Adat Mas dalam meringankan beban krama menjelang hari Raya Galungan dan Kuningan, apalagi ditengah situasi sulit seperti sekarang ini.

"Kami ingin masyrakat merasakan peran LPD, bukan hanya berupa materi namun juga untuk kebutuhan, dan juga untuk lansia, yatim piatu, disabilitas dan juga pemberian beasiswa," ucapnya.

Ardana mengatakan, LPD Mas menganggarkan dana sosial untuk kegiatan yang memberikan manfaat kepada krama. Dimana selama tahun 2020 LPD tidak melaksanakan gebyar namun lebih fokus pada kegiatan sosial kemasyarakatan seperti pembagian sembako.

"Meskipun bantuan kecil, namun sangat dirasakan manfaatnya oleh krama. Dengan itu, krama sangat loyal terhadap LPD yang merupakan lembaga adat milik krama sendiri," ujarnya.

Selain itu, LPD Mas juga memberikan keringanan kepada masyarakat dalam pembayaran kredit. Dimana LPD sangat memudahkan krama, sehingga krama adat merasa terbantu ditengah situasi seperti sekarang.

"Krama kita libatkan dalam mengajegkan adat, agama dan budaya di Desa Adat Mas," ucapnya.

Bendesa Adat Mas yang juga Ketua Badan Pengawas LPD Mas Ir. I Wayan Gede Arsania,MM., mengungkapkan peran LPD memberikan manfaat kepada krama salah satunya dengan memberikan sembako, selain juga kegiatan sosial lainnya seperti pemberian beasiswa, bantu yatim piatu, masyarakat kurang mampu dan lainnya.

"Ini bentuk kepedulian LPD kepada krama yang merupakan pemilik lembaga adat ini. Untuk itu mari kita terus tingkatkan peran kita dalam mengajegkan LPD sehingga mampu sebagai lembaga adat yang berkontribusi bukan hanya dalam peningkatan ekonomi krama, namun juga agama, adat, seni dan budaya," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar