Toko Bersama Kini Hadir di Taman Ujung Karangasem, Didukung Bank BPD Bali

  • 19 November 2021 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
Toko Bersama kembali buka cabang di Taman Ujung, Karangasem. Toko yang dibuat oleh Himpunan Wira Usaha Karangasem (HIWIKA) ini merupakan Toko Bersama yang kedua.

Dalam perjalanannya, Toko Bersama ini juga disupport oleh Bank BPD Bali untuk penyediaan pembayaran non tunai berupa QRIS Bank BPD Bali maupun kredit dalam pengembangan usaha nantinya.

Wakil Ketua Hiwika, I Dewa Gede Juniantara, atau yang biasa dipanggil Cok Juni, ketika ditemui BaliBanknews pada Jumat, 19/11/2021  di Toko Bersama kedua  yang bertempat di areal parkiran Obyek wisata Taman Ujung  Karangasem mengungkapkan, komitmen dari HIWIKA adalah terus berkembang sesuai dengan  potensi daerah dimana Toko Bersama dibuka. 

"Konsep Toko Bersama memiliki manajemen yang berbeda dan pangsa pasar yang berbeda pula. Seperti Toko Bersama satu kita sudah bentuk sebulan.kemarin sasaran pasarnya adalah di jantung kota dengan konsep sistem COD. Toko kedua ini adalah tempat wisata yang sasaran pasarnya adalah wisatawan," ucapnya.

Juniantara lebih jauh mengungkapkan, pihaknya menjual oleh-oleh khas Karangasem dan Bali pada pada umumnya. Nantinya pihaknya juga berencana membuka toko di desa wisata Jasri yang meminta kita membuka Toko Bersama ketiga dan mengharapkan wisatawan yang menginap di wilayah Jasri dan sekitarnya.

"Kita menyiapkan produk oleh-oleh berupa camilan khas, sehingga bisa dibawa pulang oleh wisatawan," ucapnya.

Juniantara lebih jauh mengungkapkan, Bank BPD Bali sangat mendukung, dimana telah memfasilitasi QRIS Bank BPD Bali. Bank BPD Bali juga mendukung potensi daerah khususnya di Kabupaten Karangasem, maka sangat pas pihaknya bemitra dengan Bank BPD Bali. "Kami mengaplikasikan pembayaran non tunai QRIS Bank BPD Bali, memanfaatkan produk Bank BPD Bali, serta pihaknya mengajak masyarakat untuk ikut berperan untuk mengembangkan usaha yang dimiliki masyarakat Karangasem," ujarnya.

 
Diakuinya, saat ini sudah ada beberapa pengusaha  yang memanfaatkan pinjaman di Bank BPD Bali. Setahun ini ada tiga pasar yang disasar yakni tempat Toko Bersama ada di jantung kota yakni tempat publik, online, dan birokrasi perkantoran. Ada pasar di objek maupun desa wisata dimana merangkul juga produk lokal yang ada disana. 

"Kita juga mengangkat potensi daerah yang bisa dikelola bersama-sama dengan masyarakat. Toko Bersama kita pasti bisa, sebab mengedepankan kebersamaan, berbagi bersama dan menghadapi masalah bersama karena lebih ringan," ucapnya.

Kasi DJA Bank BPD Bali Kantor Cabang Karangasem, Rahayu Kartika Dewi, SE.MM., mengungkapkan Toko Bersama ini merupakan gabungan dari 22 pengusaha keripik yang ada di Karangasem yang tergabung dalam Hiwika. Ke-22 pengusaha itu membuka rekening di Bank BPD Bali Cabang Karangasem  dan juga sudah dilengkapi dengan barcode QRIS Bank BPD Bali, sehingga masyarakat yang mau bertransaksi di Toko Bersama bisa menggunakan QRIS Bank BPD Bali.

"Ini merupakan salah satu bentuk dukungan Bank BPD Bali untuk pengembangan UMKM yang ada di Kabupaten karangasem," ucapnya.

Diakuinya, ada beberapa anggota Hiwika yang sudah mendapatkan KUR Sumi dan 
Bank BPD Bali ingin memperluas jangkauan KUR ini. Begitu juga dengan pembayaran non tunai QRIS yang akan terus digenjot.

"Masyarakat bisa menggunakan QRIS dalam bertransaksi di setiap merchant yang tergabung dalam Hiwika," ucapnya.

Kartika Dewi mengharapkan, UMKM di Kabupaten Karangasem bisa menjadi mitra bisnis Bank BPD Bali. Bukan hanya sebatas QRIS dan penempatan dana, namun juga  dapat memanfaatkan produk-produk lain dari Bank BPD Bali. (yess)


TAGS :

Komentar