Tingkatkan Ekonomi Desa, BUMDes dan BUMKel Karangasem Bersinergi Dengan Bank BPD Bali

  • 24 November 2021 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
Berkaitan dengan kebijakan otonomi daerah, strategi pengembangan BUMDesa tidak semata didasarkan pada aspek target pertumbuhan ekonomi, akan tetapi yang lebih penting adalah menciptakan aktivitas ekonomi yang kondusif di tingkat desa seperti mendorong peningkatan pendapatan masyarakat sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara luas. Untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dan Badan Usaha Milik Kelurahan (BUMKel) Kabupaten Karangasem bersinergi dengan Bank BPD Bali.

Kepala Bank BPD Bali Cabang Karangasem, Ketut Andayana Kusuma Yasa, SE.M.M., Rabu 24/11/2021 di Museum Pustaka Lontar Karangasem mengungkapkan, Jumlah BUMDesa dan Bumkel di Kabupaten Karangasem sebanyak 73 buah diharapkan dapat menjadi garda depan dalam peningkatan percepatan perekonomian desa sehingga digitalisasi yang dilakukan dapat memberikan manfaat bagi Bumdes antara lain: sebagai tolak ukur transfomasi digital organisasi, peningkatan fee based income bagi Bumdes dapat meningkatkan literasi masyarakat.

"Kita harapkan program digitalisasi Bumdes dan Bumkel dapat dilakukan dengan mengadopsi produk Bank BPD Bali antara lain Internet Banking Bisnis, Agen Mailaku, QRIS serta program KUR Mesari Bank BPD Bali. Muara dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatnya transaksi non tunai masyarakat dalam melakukan pembayaran penerimaan Pemda melalui percepatan digitalisasi yang dimulai dari Desa sehingga harapan PAD dapat ditingkatkan sebagai salah satu sarana optimalisasi pendapatan pajak dan retribusi daerah. " harapnya.

"Pembayaran kredit di Bank BPD Bali bisa dilakukan oleh masyarakat di BUMDes. Kami harapkan Karangasem menjadi percontohan literasi digital non tunai masyarakat dari program pemerintah dan Bank Indonesia," ujarnya.

Dalam sambutan Bupati Karangasem yang diwakili oleh Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Karangasem, I Komang Agus Sukasena,S.IP, MAP., mengharapkan agar Bank BPD Bali dapat menciptakan konsep kemitraan dengan cara menjadikan BUMDesa sebagai binaan Bank BPD Bali guna menghadapi permasalahan pengusaha mikro kecil yang ada di Kabupaten Karangasem sehingga dapat dibantu permodalan, peningkatan kapasitas dan memasarkan hasil produksi melalui BUMDesa. Bupati Karangasem menyambut baik dan mengapresiasi acara Sosialisasi Produk Bank dengan BUMDesa dan BUMKel semoga dapat bermanfaat untuk mendorong pemberdayaan perekonomian masyarakat di perdesaan.”

Dalam kesempatan ini diserahkan juga Surat Penunjukan Agen Mailaku secara simbolis kepada Bumdes Lumbung Sejahtera sebagai perwakilan Bumdes yang telah bekerjasama dengan Bank BPD Bali melalui program Mailaku Bank BPD Bali. (yes)


TAGS :

Komentar