Program "HALO BHABIN" Respon Cepat Pengaduan Masyarakat

  • 25 November 2021 00:00 WITA

Gianyar - Bhabinkamtibmas Desa Siangan Polsek Gianyar Aiptu I Kadek Sumerta mendatangi rumah warga Lansia Desak Nyoman Sayang, 91 tahun, warga Banjar Triwangsa Desa Siangan, Kecamatan Gianyar merespon pengaduan masyarakat lewat Program Bhabinkamtibmas "HALO BHABIN".

Sambang yang di lakukan Bhabinkamtibmas menindaklanjuti Informasi lewat "HALO BHABIN" dari Dewa Gede Arimbawa Kelian Dinas Banjar Triwangsa yang memberikan informasi bahwa Warganya yang bernama Desak Nyoman Sayang kondisinya tergolek lemas di atas tempat tidur, Rabu (24/11) pagi.

Mendapat informasi demikian Bhabinkamtibmas langsung merespon dengan mendatangi rumah Desak Nyoman Sayang sambil membawakan nasi bungkus dan sebotol air mineral, Bhabinkamtibmas langsung menuju tempat tidur dan menyapa nenek Desak Nyoman Sayang. 

Nenek Desak Nyoman Sayang sambil tidur lemas berusaha menyambut kedatangan Bhabinkamtibmas, sambil tersenyum dia berusaha membuka mata untuk mengetahui siapa yang datang menemuinya. walaupun umurnya sudah 91 tahun, tapi pandangannya masih terlihat jelas melihat sosok Polisi yang ada di depannya.

Pada saat itu Bhabinkamtibmas berusaha mengajak berkomunikasi dengan menanyakan kondisinya Nenek Desak Nyoman Sayang yang menyampaikan dalam kondisi lemas dan belum makan. sambil membuka bungkusan nasi yang di bawa Bhabinkamtibmas menawarkan untuk menyuapi tetapi di tolak karena nanti akan makan sendiri.

Melihat kondisi seperti itu, Bhabinkamtibmas menghubungi pihak Puskesmas Pembantu Desa Siangan untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi Nenek Desak Nyoman Sayang, tetapi karena petugas Puskesmas satu orang dan masih ada tugas sehingga belum bisa melayani pemeriksaan hari ini, dan berjanji besok akan memeriksa kondisi Nenek Desak Nyoman Sayang.

Desak Nyoman Sayang tinggal bersama Keponakannya karena tidak memiliki keturunan, sudah satu tahun lumpuh karena terjatuh di kamar mandi. sudah sempat di rawat di Rumah Sakit Sanjiwani Gianyar tetapi penyakitnya tidak bisa sembuh normal sehingga pihak keluarga memutuskan untuk di lakukan Rawat jalan.

Sebelumnya Bhabinkamtibmas Desa Siangan pernah memberikan bantuan bedah rumah bekerja sama dengan Remagi Bali, tetapi yang bersangkutan menolak dengan alasan lebih nyaman tinggal di rumah yang sekarang.

Terobosan kreatif "HALO BHABIN" merupakan strategi Bhabinkamtibmas Desa Siangan untuk menjalin komunikasi dengan warga binaan agar masyarakat lebih terbuka dan cepat dalam memberikan informasi yang berhubungan dengan adanya potensi gangguan keamanan. Disamping itu pula Tujuan dari" HALO BHABIN" adalah sebagai sarana masyarakat memperoleh informasi yang berhubungan dengan kebijakan pemerintah seperti sekarang ini yang berkaitan dengan percepatan penanganan Covid-19.

Disamping itu pula, tujuan dari "HALO BHABIN" adalah sebagai sarana konsultasi yang berhubungan dengan permasalahan di masyarakat dan sarana memberikan pelayanan Prima kepada warga binaan seperti memberikan bimbingan tentang tatacara memperoleh SIM, SKCK, Samsat dan melayani Laporan kehilangan surat-surat.

Tanpa harus ke Kantor Polisi, masyarakat dapat memperoleh informasi. untuk laporan kehilangan seperti SIM dan KTP, masyarakat tinggal mengirim data yang di perlukan, nanti Bhabinkamtibmas yang akan membuat surat kehilangan di Polsek Gianyar, setelah jadi langsung di antarakan ke rumah warga. seperti itu bentuk pelayanan "HALO BHABIN" sebagai sarana menjalin keharmonisan dengan masyarakat sehingga POLRI semakin di cintai oleh masyarakat. (rls)


TAGS :

Komentar