Bangkitkan Kreatifitas Anak Muda, Desa Sayan Gelar Calender of Events 2022

  • 21 Januari 2022 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
Guna membangkitkan kreatifitas anak muda, Prebekel Desa Sayan memiliki program Coe atau kalender kegiatan tahun 2022.

Prebekel Desa Sayan I Made Andika,S.kom., ketika di temui BaliBanknews Jumat,21/1/2022  di Kantor Desa Sayan mengungkapkan tahun ini Desa Sayan akan melaunching COE (Calender of Events) Desa Sayan 2022. Kegiatan itu nantinya tidak hanya diagarkan dari APBDes, kegiatan administrasi kepemerintahan dan kegiatan yang bersumber dari APBDes pemerintahan tidak hanya itu saja. 

"COE ini lebih kepada kreatifitas anak-anak muda di Desa Sayan. Di tahun lalu daya sempat menantang sekeha teruna di 8 banjar di Desa Sayan. Dimana tahun 2022 kita membuat kegiatan Bali dan Indonesia bangkit dari keterpurukan," ucapnya.

Andika lebih jauh mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan beberapa event di tahun ini yang sudah diagendakan. "Kita sudah melakukan rapat dengan sekeha teruna-teruni dan COE kita di tahun ini dengan event tari dimana pada tanggal 5-6 Februari kita ada event tari," ucapnya.

Dikatakannya, dalam event tari ini ada lomba tari topeng, baris tunggal, tari condong dan tari teruna jaya dengan melibatkan seniman-seniman dari seluruh Bali yang nantinya digelar oleh komunitas seni Sundaram. Kemudian di tanggal 14 Februari - Maret turnamen bola voly di Br. Baung. 

Lebih jauh dikatakannya, di April dan Mei direncanakan dibuat pameran lukisan pertama. Dimana dari seniman.lukis regenerasi, dimana di tahun 70-80 an Desa Sayan terkenal dengan lukisan yang bercorak young artist yang diperkenalkan oleh Mr. Arie Smith. 

"Ini yang mulai kita latih anak-anak muda.dan anak kecil untuk dilatih melukis dan rencananya digelar pameran di Museum Puri Lukisan Ubud," ucapnya.

Diungkapkannya, untuk di Bulan Juni-Agustus tidak ada event di Desa Sayan karena akan diselenggarakan ngaben masal. Di September 2022 mulai lagi kegiatan festival layang-layang.

"Dalam menyambut G-20, kita sudah menyiapkan event yang sudah digelar sejak tahun 2019 yakni Goes for Love dan konser musik yang bertema edukasi. Event ini ketiga kalinya di tahun ini. Jadi di akhir tahun kita konsen dari dulu hari perayaan hari aids dan narkoba juga di edukasi dari konser musik itu," ucapnya. 

Ia menambahkan selain itu diselenggarakan juga workshop, funracing, dan lainnya.

"Tujuan kegiatan ini untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi covid dan  membangkitkan pariwisata kita dengan mengaet kunjungan wisatawan domestik," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar