Wakil Rakyat Ir. I Made Budiasa, M.Si Dukung Penuh Pembangunan TPS3R di Kecamatan Ubud

  • 22 Januari 2022 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
Ir. I Made Budiasa,M.Si., anggota DPRD Kabupaten Gianyar dari Fraksi PDI Perjuangan mendukung penuh pembangunan TPS3R di Kecamatan Ubud.

Budiasa mengungkapkan, TPS3R merupakan program luar biasa dari Bupati Gianyar dan Gubernur Bali. Diakuinya sampah menjadi permasalahan semua daerah selama ini, termasuk juga di Kabupaten Gianyar. 

"Saat ini syukur adanya program TPS3R dari bapak Bupati Gianyar dan Gubernur Bali. Dimana seluruh desa di Kabupaten Gianyar diwajibkan memiliki TPS3R," ucapnya.

Dikatakannya, TPS3R ini berbasis sumber. Jadi sampah dipilah dahulu mana yang plastik dan organik, kemudian dikumpulkan di TPS3R yang selanjutnya bisa diolah juga menjadi pupuk organik.

"Kedepan saya harapkan Gianyar menjadi contoh dan kebersihan lingkungan bisa terjaga dengan baik," ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, secara ekonomis juga memberdayakan masyarakat yang bisa bekerja di TPS3R. Selain juga sampah bisa dikelola menjadi produk yang bernilai ekonomis.

"Secara ekonomi sampah yang dipilah banyak dicari untuk.kerajinan dan sampah organik diolah menjadi pupuk organik dan dijual kembali ke petani," ucapnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini bersifat berkelanjutan dan saling bersinergi. Dimana hasil pengolahan sampah organik diambil oleh petani untuk menanam padi organik. 

"Kami salut dengan gebrakan Bupati Gianyar dan Gubernur Bali. Semoga kegiatan yang bersifat membangun perekonomian masyarakat terus dilanjutkan," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar