Desa Adat Duda Gelar Tradisi Siat Api, Momentum Jalin Kebersamaan

  • 01 Februari 2022 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
Desa Adat Duda kembali menggelar kegiatan Siat Api. Kegiatan ini untuk.membersihkan buana alit dan buana agung sekaligus juga momentum guna menjalin kebersamaan antar banjar di Desa Duda.

Bendesa Adat Duda,I Nyoman Sujana,ketika di temui BaliBanknews di sela-sela siat api 31/1/2022 di jembatan Tukad Sangsang Duda mengungkapkan, kegiatan siat api ini merupakan yang ke-7 kali dilaksanakan. Siat Api berhenti digelar sejak erupsi Gunung Agung 1963 dan mulai kembali digelar tahun 2015 dan jeda waktu covid.

"Krama dari desa adat dan luar desa adat sangat antusias sekali. Dimana kegiatan budaya yang adi luhung ini dan merupakan titipan leluhur ini sangat luar biasa," ucapnya.

Sementara itu, Prebekel Duda Timur, I Gede Pawana, yang juga selaku Ketua Forum FORKOM Prebekel se-Bali mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas antara desa dinas dengan desa adat. 

"Kegiatan ini bersama-sama dilakukan oleh desa adat dan dua desa dinas (Desa Duda dan Duda Timur). Ini jarang terjadi. Kebersamaan ini perlu kita bangun untuk seterusnya," ucapnya.

Ia berharap, tradisi-tradisi leluhur tetap.dijaga dan dilestarikan. Apa yang menjadi harapan Jero Bendesa bersama Prebekel Duda dan Duda Timur, sehingga ini menjadi sinergitas dan kekuatan dalam menumbuhkan seni dan budaya.

Disisi lain Prebekel Desa Duda, I Gusti Agung Ngurah Putra, mengatakan sangat memgapresiasi sinergitas antara desa dinas dengan desa adat. Jadi ini adalah kebangkitan juga dalam situasi pandemi seperti sekarang ini.

"Dengan adanya Siat Api ini kita bisa membangun desa, khususnya desa dinas dan desa adat," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar