Beras Mentik Susu Desa Sidan, Menyehatkan dan Rendah Kadar Gula

  • 01 Februari 2022 00:00 WITA

Desa Sidan Menuju Desa Organik
Gianyar, BaliBanknews -
Desa Sidan kini sedang menuju ke desa organik. Dimana beras organik hasil petani Desa Sidan yang bernama Beras Mentik Susu merupakan beras bebas residu, menyehatkan dan memiliki kadar gula rendah.

Prebekel Desa Sidan, I Made  Sukra Suyasa,S.Sos ketika di temui BaliBanknews Selasa,01/2/2022 di Puspa Aman Sidan
mengungkapkan, petani di Desa Sidan mengembangkan varietas bibit mentik susu. Dimana sebelumnya Desa Sidan sudah melaksanakan sistem pertanian menuju desa organik. 

"Beberapa subak sudah tidak menggunakan pupuk kimia. Kita sudah menggunakan pola pertanian organik. Bahkan, kami sudah panen Beras mentik Susu di beberapa subak," ucapnya.

Lebih jauh diungkapkannya, bibit beras mentik susu konon merupakan bibit padi Bali yang dikombinasi dengan bibit lain sehingga menghasilkan bibit mentik susu. Beras mentik susu berwarna putih dan dicoba oleh dinas terkait dan masyarakat dan dirasakan sangat enak, bersih dan pulen serta beraroma harum.

"Kami di Desa Sidan sudah mengaplikasikan pertanian padi mentik susu, bahkan dari uji lab, beras mentik susu tidak mengandung residu kimia," ujarnya.

Dikatakannya, beras mentik susu ini beras sehat, aman dikonsumsi, tidak mengandung residu kimia serta kadar gulanya rendah. "Bagi masyarakat yang ingin membeli, bisa ke Bumdes Desa Sidan. Kami sudah panen dan ada stok saat ini cukup  untuk masyarakat," ucapnya.

Diharapkan, tentu masyarakat Sidan yang mengkonsumsi terlebih dahulu. Pihaknya juga bekerjasama dengan pemerintah dalam hal pemasaran. Sehingga masyarakat luas bisa menilai bagaiman kualitas dan rasanya.

"Kami mengajak seluruh desa di Kabupaten Gianyar untuk bersama-sama menanam padi organik. Harga tentu  berbeda dengan beras kimia. Karena organik maka harga sanga reasonable dengan harga," ucapnya.

Mengenai ukuran dan berat diakuinya tergantung permintaan konsumen dengan harga beras mentik susu paling murah dan lebih penting beras sehat.

"Kita juga dalam proses sertifikasi organik. Kita harapkan juga Bapak Bupati Gianyar lebih menggalakan lagi seluruh desa di Gianyar  dengan mengembangkan pertanian organik. Dengan memanfaatkan juga pengelolaan sampah organik berbasis sumber  berupa pupuk organik yang bisa diaplikasikan bagi petani di Kabupaten Gianyar," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar