Bangkitkan Ekonomi Masyarakat, Desa Siangan Buka Pasar Rakyat Malam, Kerjasama Desa Adat

  • 01 Februari 2022 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
Untuk kembali membangkitkan perekonomian masyarakat yang terpuruk karena wabah pendemi, Desa Dinas Siangan bersama Paguyuban Seni Budaya Siaga Penge beserta Desa Adat Siangan membuka secara resmi pasar rakyat malam atau senggol Desa Siangan.

Prebekel Desa Siangan, I Ketut Berata ketika ditemui, Selasa, 01/2/2022 di Pasar Malam Siangan mengungkapkan, Desa Adat Siangan mendapat bantuan pasar rakyat dari dana pusat yang di usulkan oleh Bupati Gianyar.

Guna mempercepat dan mengembangkan partisipasi masyarakat perlu dilakukan langkah-langkah cepat yang riil seperti membuka pasar senggol malam. "Sehingga dari sini tumbuh ide masyarakat berinovasi untuk berusaha berdagang. Hari ini pembukaannya yang didukung oleh Paguyuban Seni Budaya Siaga Penge Desa Siagan," ucapnya.

Lebih jauh diungkapkannya, saat ini harus berani mencoba ekonomi baru guna percepatan ekonomi kerakyatan dimana buka dari jam 6 sore sampai jam 9 malam.

"Sementara kita terbuka untuk semua pedagang. Untuk memboomingkan bahwa di Desa Siangan sudah ada pasar malam juga," ucapnya.

Dikatakannya, nantinya pihaknya bersama desa adat akan mengajak dan mengandeng bersama-sama desa terdekat untuk mendukung pasar Desa Siangan ini agar lebih maju dan berkembang.

Sementara itu, Bendesa adat Siangan, I Made  Sudana sangat mendukung adanya pasar rakyat Siangan. "Kami juga mengajak desa lainnya untuk ikut berpartisipasi atau bergabung. Karena lapak-lapak akan dikombinasi silang antara Desa Adat Siangan dengan desa adat lain," ucapnya.

Dikatakannya, sinergitas antara adat dan dinas saling support dan tentu saja sinergitas ini diharapkan mampu memajukan perekonomian kerakyatan salah satunya melalui pasar rakyat ini. (yess)


TAGS :

Komentar