Gelar RAT ke-19, Koperasi Surya Mandiri Bukukan SHU Rp 702 Juta

  • 14 Februari 2022 00:00 WITA
Laporan pertanggungjawaban pengurus KSP. Surya Mandiri, Senin (14/2/2022)


Gianyar, balibanknews.com
Meski tahun 2021 masih menjadi tahun sulit, namun Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Surya Mandiri berhasil bukukan SHU sebesar Rp 702 juta. Aset tercatat tumbuh sekitar 17 persen dari Rp 38,2 miliar naik menjadi Rp 42 miliar. Data tersebut terungkap dalam agenda rapat anggota tahunan (RAT) yang digelar di Krisna Oleh-oleh Bali, Desa Blangsinga, Gianyar Senin (14/2/2022).


Saat menyampaikan laporan pertanggungjawaban tahun buku 2021, Ketua KSP. Surya Mandiri I Made Hadi Sumarna tak menampik jika terjadi penurunan pendapatan koperasi sepanjang 2021. Hal tersebut dikarenakan kondisi ekonomi yang tidak stabil sehingga koperasi lebih selektif dalam menyalurkan kredit dan berdampak langsung terhadap perolehan SHU. Diakuinya raihan SHU tahun 2021 turun dibanding tahun sebelumnya, namun secara umum aset bertambah cukup signifikan. "Tahun 2021 kami agak hati-hati salurkan kredit sehingga pendaptan turun, tapi aset dan modal kami meningkat, hal tersebut karena kepercayaan anggota tetap tinggi untuk menaruh dana," ujarnya.
Diakui Sumarna selain aset, modal koperasi juga meningkat sekitar 4 persen atau tumbuh sebesar Rp 6,7 miliar. Total dana baik simpanan dan deposito juga meningkat menjadi Rp 32,6 miliar. Jumlah anggota juga meningkat cukup pesat. Saat ini koperasi tingkat provinsi ini didukung oleh 2.287 orang, meningkat 109 orang dari tahun sebelumnya. Sementara pinjaman turun dari Rp 31 miliar menjadi Rp 27,9 miliar. "Jumlah pinjaman kami turun, bahkan banyak anggota yang melunasi hutang mereka, sehingga likuiditas kami cukup besar, untuk itu kami harap anggota lebih aktif lagi mencari kredit dengan syarat harus layak dibiayai, karena saat ini kami sangat hati-hati dalam penyaluran kredit," ujarnya.


Hal senada juga disampaikan Pengawas KSP. Surya Mandiri I Made Sarwa yang didampingi Ketua Pengawas I Wayan Nasib. Turunnya pendapatan SHU adalah dampak dari pelemahan ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir. Lembaga keuangan termasuk koperasi diakuinya saat ini sangat selektif mencairkan kredit karena banyak usaha yang kurang potensial untuk dibiayai. Meski banyak pengajuan kredit, namun pihaknya melakukan seleksi yang ketat. "Ini menjadi dilema karena di satu sisi likuiditas banyak tapi penyaluran kredit turun, karena kami sangat berhati-hati memilih calon debitur. Inilah dampak dari pelemahan ekonomi saat ini, semoga kedepan kondisi membaik sehingga aktifitas usaha kembali pulih," ujarnya.
Pihaknya sangat mengapresiasi anggota yang menaruh kepercayaan tinggi dengan menempatkan dana mereka di koperasi. Selama tahun 2021 koperasi berhasil meningkatkan aset sekitar 17 persen dari tahun sebelumnya atau naik sekitar Rp 3,7 miliar. Ia berharap ketersediaan dana yang ada di koperasi bisa terserap dengan baik di tahun 2022 sehingga target SHU kedepan bisa tercapai dengan baik.


 I Wayan Nasib menambahkan, pihaknya telah melakukan pengawasan yang maksimal terjadap kinerja KSP. Surya Mandiri. Bahkan koperasi ini telah melibatkan auditor eksternal untuk memberikan transparansi yang maksimal kepada anggota. Ia berharap anggota juga melakukan pengawasan secara bersama-sama sehingga tercapai kemajuan bersama. Momen RAT juga diharapkan menjadi ajang evaluasi dan koreksi terhadap kinerja koperasi. "Dalam pengelolaannya koperasi harus mengutamakan 'good corporate governance'  atau tata kelola yang baik dan benar dan koperasi ini sudah melakukannya dengan baik," ujarnya, sembari berharap anggota lebih aktif memanfaatkan kredit modal kerja dengan bunga kredit 1 persen menurun di KSP. Surya Mandiri.
Dalam kesempatan RAT tersebut, koperasi juga membagikan 3 ton beras kepada para anggota. Pembagian beras tersebut bertujuan untuk meringankan beban anggota ditengah lesunya perekonomian saat ini. Sejumlah doorprise menarik dengan hadiah utama satu unit sepeda gunung juga semakin memeriahkan acara. Anggota tampak antusias menerima berbagai hadiah menarik yang disiapkan. [Mdy]

 

Peliput : Ade Yudi

Editor : Sudibia

 


 


TAGS :

Komentar