Saat Pandemi Covid-19, LPD Selumbung Gelontor Dana Pembangunan Rp 90 Juta 

  • 06 April 2022 00:00 WITA

 

Karangasem, BaliBanknews.com -

Tahun buku 2021, LPD Desa Adat Selumbung, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem mampu bekukan laba LPD sebesar Rp 450 juta. LPD menggelontorkan dana pembangunan sebesar 20 persen dari laba mencapai Rp 90 juta. Semua itu diraih berkat dukungan dan kepercayaan masyarakat Selumbung dalam memanfaatkan produk unggulan LPD. 

Pemucuk LPD Selumbung, I Nyoman Budiasa Astawa,SH, didampingi Penyarikan, I Nyoman Gorsi dan Pengeraksa, Ni Luh Arini, merinci pada tahun 2020 aset LPD mencapai Rp 24 miliar. “Di  tahun 2021 ada kenaikan 12 persen mencapai Rp 26 miliar. Kami patut bersyukur laba LPD tahun buku 2021, astungkara ada peningkatan,” ujarnya kepada balibanknews, Rabu, 6/4/2022.
Selain dana pembangunan yang diberikan rutin setiap tahun, LPD juga memberikan dana sosial, ditambah Jasa Produksi sebesar 10 persen. “Kami serahkan ke desa adat sebesar 50 persen, yang mana jasa produksi dipakai untuk operasional pengawas internal LPD. Hingga saat ini antusias masyarakat Selumbung  dalam memanfaatkan produk unggulan di LPD masih tumbuh positif,” jelasnya.

Di samping itu pula Dukungan Kelian Desa Adat Selumbung, I Wayan Wiratna Kubayan  yang juga selaku Ketua Badan Pengawas LPD Selumbung sangat dirasakan. “Terutama dalam memberikan motivasi arahan kepada masyarakat Selumbung di setiap ada kesempatan seperti pertemuan Pesangkepan di Desa adat di mana masyarakat di harapan ingat akan kewajiban di LPD,” jelasnya.
Masyarakat juga diingatkan, disamping membayar bunga, juga diminta ingat membayar pokok.

“Karena secara umum kami di LPD Selumbung tidak terlalu terdampak pandemi karena sektor dalam hal pengeluaran kredit sebagian besar di dominasi kredit pertanian, peradangan dan perkebunan yang mana masih bisa berjalan,” jelasnya.
Pihaknya berharap pada seluruh masyarakat Selumbung untuk tidak ragu dan takut dalam memanfaatkan LPD. “Karena setiap tahunya kami kembalikan lagi ke desa adat dan juga krama,” jelasnya.
Mengenai penempatan dana likuiditas, LPD Selumbung mempercayakan sepenuhnya pada Bank BPD Bali khususnya kantor Capem Candidasa. “Hingga saat ini, total dana kita tempatkan di BPD sebesar Rp 9 miliar lebih,” jelasnya.
Ditambahkan, saat ini peran BPD sangat dirasakan manfaatnya. “Seperti setiap kegiatan yang kami laksanakan di LPD, dari BPD selalu mensupport penuh,” jelasnya.

Kedepannya sinergi BPD dapat terus lebih di tingkatkan lagi. “Harapan kepada BPD, supaya lebih gencar menginformasikan. Supaya BPD bisa menjelaskan ke masyarakat, bahwa LPD tambah dipercaya. Bisa merangkul masyarakat. BPD harus menjelaskan bahwa benar LPD meletakkan uangnya di BPD,” pintanya.
Sementara itu, mengenai teknologi, pihaknya sudah menggunakan server yang sudah berjalan 24 jam. “Ke depan, sistem IT nantinya menggunakan internet banking,” tandasnya. (Yess)


TAGS :

Komentar