Jadi Koperasi Berprestasi Tingkat Provinsi, Koperasi Nirmala Dapat Apresiasi Diskop Bali

  • 26 Agustus 2022 00:00 WITA


Denpasar, balibanknews.com
Koperasi Nirmala yang terpilih sebagai salah satu koperasi berprestasi di tingkat provinsi tahun 2022 mendapat apresiasi dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali bersama dengan 14 koperasi berprestasi lainnya. Pemberian apresiasi tersebut dilakukan di Kantor Diskop Bali pada Jumat (26/8/2022) dalam rangka memperingati hari jadi koperasi ke-75. Apresiasi diberikan dengan tujuan memberi semangat kepada lembaga koperasi agar lebih giat lagi meningkatkan kualitas demi kesejahteraan anggota dan masyarakat pada umumnya.


Dalam kesempatan tersebut Kepala dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali I Wayan Ekadiana menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasinya terhadap 15 koperasi yang masuk peringkat terbaik di tingkat Provinsi Bali. Prestasi yang diraih menurutnya harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kesejahteraan anggota. "Koperasi jangan berhenti memberi kesejahteraan kepada anggota dan masyarakat dan harus selalu memberi edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya berkoperasi demi tumbuh kembangnya ekonomi secara umum," ujarnya.
Ekadiana mengatakan, koperasi juga merupakan salah satu tulang punggung perekonomian negara karena koperasi bersentuhan langsung dengan sektor UMKM untuk berkembang. Ia berharap lembaga koperasi terus berbenah dan melalukan adaptasi di bidang teknologi informasi (IT). Selain itu, koordinasi dan komunikasi antar koperasi dengan dinas terkait harus selalu dijaga. Kerjasama antar koperasi juga harus ditingkatkan mulai dari skala primer hingga skunder. "Jalin kerja sama yang baik antar dinas dan koperasi baik itu koperasi simpan pinjam, serba usaha, koperasi konsumen, dan yang lainnya," ujarnya.
Ekadiana juga berharap pertemuan antar koperasi dan Diskop dilakukan lebih intensif sehingga proses pendampingan, edukasi serta regulasi bisa terjalin dengan baik. Menurutnya Diskop memiliki kewajiban memberi perlindungan, pemberdayaan, serta pendidikan bagi lembaga koperasi baik dintingkat kabupaten kota atau provinsi, oleh karena itu komunikasi yang berkelanjutan dan terus menerus sangat diperlukan.
Ketua Koperasi Nirmala I Nengah Dharma Aba juga menyampaikan ucapan terima kasihnya lantaran meski tergolong muda koperasi yang dikelolanya sudah dilirik Diskop Provinsi Bali sebagai salah satu koperasi berprestasi. Dirinya mengaku akan mengemban tanggungjawab dengan baik bahkan berencana untuk semakin berinovasi sehingga prestasi bisa meningkat ke tahap yang lebih tinggi lagi.
"Ucapan terima kasih kami berikan kepada Diskop Provinsi Bali atas apresiasinya, sebisa mungkin prestasi ini akan dipertahankan dan ditingkatkan lagi," ujar penerima penghargaan Bakti Koperasi dan UKM oleh Kementrian koperasi dan UKM RI beberapa waktu lalu ini.
Dharma Aba juga tak menampik jika koperasi sangat dekat dengan pelaku UMKM, sehingga tak salah jika koperasi dikatakan sebagai salah satu tulang punggung perekonomian bangsa. Untuk itu ia berharap semakin banyak masyarakat yang sadar untuk ikut aktif dalam berkoperasi. "Kami berharap masyarakat khusunya kaum muda atau milenial mulai melirik koperasi sebagai bidang pekerjaan untuk digeluti, karena koperasi juga bisa dikelola secara modern dengan teknologi kekinian, tidak perlu malu bekerja di koperasi," pungkasnya. [Mdy]

 

 


TAGS :

Komentar