Bendesa Adat se-Kecamatan Gianyar "Mesadu Ajeng" ke Kediaman Bendesa Adat Seseh I Wayan Bawa

  • 17 Oktober 2022 00:00 WITA

Mangupura, BaliBanknews -
Puluhan Bendesa Adat se-Kecamatan Gianyar mengunjungi kediaman Bendesa Adat Seseh I Wayan Bawa. Kunjungan puluhan bendesa ini untuk bersilaturahmi sekaligus melakukan sharing terkait dengan kegiatan dan langkah Bendesa Adat Seseh dalam mengelola pembangunan baik Parahyangan, Palemahan dan Pawongan di Desa Adat Seseh.

Ketua Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Gianyar, Anak Agung Alit mengungkapkan para bendesa adat se-Kecamatan Gianyar "Mesadu Ajeng" atau bersilaturahmu dan sharing program-program yang sudah dilakukan Bendesa Adat Seseh.

“Kami ingin berbagi dan belajar program-program yang telah dilakukan Bendesa Adat Seseh yang benar-benar menjadi pioner dan patut dicontoh oleh desa adat seluruh Bali,” ucapnya.

“Tri Hita Karana” (Tiga Penyebab Kebahagian) yang menjadi konsep dari desa adat menjadi hal luar biasa.

Banyaknya program yang benar-benar berpihak ke masyarakat adat menjadi sesuatu yang luar biasa dilakukan I Wayan Bawa selaku Bendesa Adat Seseh.

Contohnya menanggung sebanyak 172 KK melalui program BPJS Krama Adatnya (masyarakat adat) menjadi suatu terobosan yang patut diapresiasi.

Pertemuan yang dilakukan secara santai di kediaman Bendesa Adat Seseh menghasilkan banyak hal. Bukan saja sharing tentang cara pengelolaan potensi desa, namun pertemuan tersebut memberikan banyak pemikiran dalam mempertahankan adat budaya dan agama.

Atas kunjungan dan apresiasi tersebut, I Wayan Bawa mengucapkan terima kasih kepada Ketua MDA Gianyar Anak Agung Alit beserta para Bendesa Adat Gianyar lainnya.

“Apa yang saya lakukan hanyalah bagian dari rasa tanggung jawab sebagai bendesa di Desa Adat Seseh. Dengan melakukan apa saja yang bisa dilakukan untuk mencapai ‘Tri Hita Karana’, sehingga masyarakat desa adat menjadi masyarakat yang sejahtera dan selalu optimis dalam menjalani kehidupan. Matur suksma,” ucapnya. (rls)


TAGS :

Komentar