31 Tahun Bank Surya, Tumbuh Positif dan Terapkan Digitalisasi

  • 05 Desember 2022 16:00 WITA

Gianyar,  BaliBanknews -
PT. BPR Suryajaya Ubud yang juga disebut dengan BANK SURYA kini genap berusia 31 Tahun. Memiliki motto “Jadikan Segalanya Lebih Baik” menjadikan Bank Surya terus berinovasi dan berkembang.  

PT. BPR Suryajaya Ubud ini berdiri dengan akte Pendirian No. 9 tanggal 5 Juni 1991 dihadapan I Putu Chandra, SH, Notaris di Denpasar yang berkedudukan di Jalan Raya Kemenuh Sukawati Gianyar Propinsi Bali. Berkantor pusat di Jl. Raya Kemenuh Sukawati Gianyar Bali Indonesia, Kantor Cabang di Jl. Ngurah Rai 84 Negara.

Dirut PT. BPR Suryajaya Ubud,  Ida Bagus Ari Manuaba, SH., didampingi Direktur Kepatuhan & IT I Gede Dwi Kusuma Negara, SE,  saat di temui BaliBanknews belum lama ini mengungkapkan,  Bank Surya memiliki produk-produk yang diminati masyarakat. Mulai dari Kredit UMKM, Kredit Pembelian Kendaraan Bermotor, Kredit Surya Sejahtera (Pekerja Luar Negeri), Kredit Multi Karya (Kredit Pegawai), Deposito dan Tabungan Berjangka (Kartika), TASYA (Tabungan Arisan).

Ida Bagus Ari mengungkapkan, hingga periode Desember 2021 - Oktober 2022 komponen pertumbuhan saldo Kredit  mencapai 23,24 persen dengan saldo Rp 42.374.134.677, Tabungan 13,76 persen dengan saldo Rp 13.532.302.188, Deposito 13,94 persen dengan saldo Rp 30.284.200.000, Asset  20,21 persen dengan saldo Rp. 61.389.827.983 dan Laba S/D Oktober mencapai Rp 613.427.758.
    
Lebih jauh diungkapkannya,  rasio keuangan Bank Surya hingga Oktober 2022 CAR  35,64%, KAP  6,76%, NPL Netto  6,52 %, ROA  2,61%, BOPO  84,18%, CASH RATIO  21,22% dan LDR  73,05%.

"Dengan Tingkat Kesehatan “SEHAT”. Bank Surya adalah alternatif bagi UMKM memperoleh fasilitas pinjaman untuk recovery dan pengembangan usahanya pasca pandemi. Walaupun dari tingkat suku bunga pinjaman masih di atas suku bunga yang ditawarkan oleh bank umum, namun kami memiliki berbagai macam kemudahan bagi UMKM dalam memperoleh fasilitas  pinjamannya," ucap Ida Bagus Ari.

Direktur Kepatuhan & IT I Gede Dwi Kusuma Negara, SE menambahkan PT. BPR Suryajaya Ubud mengikuti gelombang perubahan ke arah digitalisasi yang sedang terjadi di industri perbankan. 

"Digitalisasi  perlu dilakukan oleh PT. BPR Suryajaya Ubud  agar mampu memberikan layanan yang lebih baik dan juga menciptakan efisiensi," ucapnya. 

Bahkan Bank Surya telah memiliki pelayanan simulasi pengajuan kredit dan pelayanan pembukaan rekening bisa dilakukan via website www.banksurya.com 
Begitu juga setoran maupun angsuran dapat dilakukan nasabah melalui channel perbankan (ATM, Mobile Banking, Internet Banking atau melalui Teller Bank Umum) maupun dari eWallet (Ovo, Gopay, LinkAja, ShopeePay dan lainnya) langsung terupdate Online di rekening Tabungan milik Nasabah.

"Semua simpanan Aman dijamin oleh LPS," ucap Dwi Kusuma Negara. 

Dengan bertambahnya usia PT. BPR Suryajaya Ubud bertambah meningkat dalam pelayanan dan dapat mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa naik kelas melalui pembiayaan, termasuk dalam platform digital yang akan dikembangkan di Tahun 2023.

"Kami terus melakukan peningkatan kualitas dan kuantitas SDM, semakin ketatnya persaingan antar lembaga jasa keuangan terutama dengan bank umum maupun fintech, serta dibutuhkan infrastruktur IT yang andal untuk menghadapi risiko terkait keamanan data," imbuh Ida Bagus Ari. (dwi) 


TAGS :

Komentar