31 Tahun LPD Desa Adat Ungasan Tetap Eksis

  • 19 Desember 2022 16:00 WITA

Mangupura, BaliBanknews -
Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Ungasan genap berusia 31 tahun.  Meski dalam perjalanannya tidak selalu mulus, namun LPD Ungasan masih tetap eksis keberadaanya sebagai lembaga adat milik krama. 

Kepala LPD Desa Adat Ungasan,  Made Mardina Sanjaya saat ditemui www.balibanknews.com mengungkapkan, di usia 31 Tahun LPD Ungasan tetap eksis memberikan pelayanan kepada krama. Dimana dalam perjalanan setiap lembaga pasti ada pasang surutnya. Meski demikian pengurus LPD Desa Adat Ungasan tetap berkomitmen memberikan yang terbaik kepada krama. 

"Saat ini kami fokus untuk menekan kerugian yang disebabkan pengelolaan terdahulu. Oleh karena itu, pengurus mengharapkan dukungan krama. Apalagi krama sangat mengharapkan LPD tetap selalu eksis dan berkembang," ucap Made Sanjaya. 

Ia pun mengakui, untuk mengelola LPD memang penuh tantangan.  Namun, hal itu tentu bisa berjalan baik jika seluruh krama mendukung keberadaan LPD, baik dengan memanfaatkan produk-produk yang ada di LPD.

Made Sanjaya mengakui sutuasi saat covid sangat sulit.  Dengan kembali bergairahnya sektor pariwisata diharapkan akan membawa dampak positif bagi pemulihan ekonomi krama, begitu juga dengan LPD. 

"Pariwisata mulai bangkit. LPD kami harapkan bisa juga berkembang positif. Apalagi animo masyarakat mengharapkan LPD masih tetap. Eksis," harapnya. 

Made Sanjaya mengatakan bahwa krama memahami situasi dan kondisi LPD dan pengurus akan bekerja sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. 

"Mari kita berbenah dan bersama-sama krama untuk semakin meningkatkan kepercayaan, karena LPD merupakan lembaga adat milik krama yang sampai saat ini tetap melayani krama sesuai dengan kemampuan LPD," ucapnya. 

Bahkan pengurus LPD sudah menyiapkan program online tinggal dilaunching. Tapi, diakui Made Sanjaya masih menunggu momen yang tepat dari penyelesaian permasalahan yang dihadapi, sehingga akan menjadi modal bagi LPD untuk bertumbuh kedepannya. 

"Dukungan dan kesadaran dari masyarakat untuk saling membantu agar LPD tetap eksis sangat penting. Salah satunya dengan melaksanakan kewajiban tepat waktu. Bahkan, program kredit yang disalurkan ke krama saat ini tetap berjalan dengan baik,  yang mana menyasar krama yang bergerak di sektor produktif," pungkasanya. (jhon) 


TAGS :

Komentar