Koperasi Wredhi Dana Manik Mas Gelar Diklat Anggota, Tetap Fokus Pada Jati Diri Koperasi

  • 06 November 2023 00:00 WITA

Mangupura, balibanknews -
Koperasi Wredhi Dana Manik Mas (KWDMM) melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) anggota koperasi, belum lama ini di Kantor Koperasi lantai 3, di Jalan BKR Bali Clif Ungasan, belum lama ini.

"Sebagai koperasi yang berkomitmen tumbuh dan berkembang maju bersama-sama anggota, KWDMM menilai sangat penting kolaborasi antar pengurus dan anggota melalui pendidikan dan pelatihan. Selain juga tetap fokus pada jati diri koperasi," ucap Pengurus dan Pengelola Koperasi Wredhi Dana Manik Mas, I Ketut Sukayasa,SE., kepada balibanknews.

Sukayasa mengungkapkan, Diklat koperasi bertujuan untuk memberikan pemahaman ke pada anggota, bahwa anggota adalah sebagai pemilik koperasi. Melalui Diklat ini juga mensosialisasikan UU. No.8 KEMENKOP tentang usaha simpan panjam dan Surat Edaran Menteri Koperasi No. 7 Tahun 2023 tentang close loop dan open loop.

Dijelaskannya, koperasi close loop pengawasan dan ijinnya dibawah Kementerian Koperasi dan Dinas Koperasi Provinsi, Kabupaten/Kota serta operasional  hanya melayani anggota koperasi dan anggota koperasi lainnya. Sedangkan koperasi open loop, pengawasan dibawah OJK, izin dari OJK serta operasional seperti perbankan.

"Sesuai surat edaran KEMNKOP NO.7 Tahun 2023, tentang pernyataan self declare oleh pengurus koperasi maka Koperasi WREDHI DANA MANIK MAS memilih close loop, yaitu oleh, dari dan untuk anggota. Koperasi WREDHI DANA MANIK MAS akan tetap fokus pada jati diri koperasi yaitu oleh, dari dan untuk anggota dengan melayani anggota," ucapnya.

Untuk itu, Sukayasa mengajak semua anggota agar lebih aktif memanfaatkan jasa-jasa atau produk - produk koperasi yang sudah dimiliki (simpanan wajib di bayar setiap bulan,) Tabungan Serbaguna (harian) Tabungan Progam Bulanan, Simpanan Pelajar ( SIMPEL), Simpanan Usia :anjut (SIULAN) , Simpanan Upacara ( SIPURA) dan produk produk online yang sudah dimiliki Koperasi Wredhi Dana Manik Mas. (jhon)


TAGS :

Komentar