HUT ke-35 LPD Desa Adat Pecatu Bagikan Sembako kepada Krama

  • 12 Desember 2023 00:00 WITA
LPD Desa Adat Pecatu merayakan HUT ke-35 Tahun, serangkaian kegiatan ini LPD Pecatu membagikan sembako.

Mangupura, balibanknews -
Serangkaian HUT ke-35, LPD Desa Adat Pecatu membagikan sembako berupa beras kepada krama, Selasa (12/12/2023) di Kantor LPD Desa Adat Pecatu.

Secara simbolis beras diserahkan oleh  Kepala LPD Desa Adat Pecatu Ni Made Raiwiani,SH., didampingi Ketua Kerta Desa Adat Pecatu I Wayan Sudiarta, Perbekel Desa Pecatu, I Made Karyana Yadnya,SE., kepada Kelian Banjar se-Desa Adat Pecatu.

Kepala LPD Desa Adat Pecatu, Ni Made Raiwiani,SH., mengungkapkan momen HUT ke-35 kali ini dirangkai dengan pembagian sembako berupa beras kepada seluruh krama ngarep, serep dan pensiun masing-masing sebanyak 25 kg beras kepada total 2.155 KK (kepala keluarga) dan  beras sebanyak 10 kg kepada KK mandiri, disibiltas, janda dan duda serta sebatang kara dengan jumlah penerima sebanyak  729 orang. Dimana sumber anggaran diambil dari manajemen laba tahun 2023 yang dibebankan kedalam biaya operasional pos dana promosi.

Lebih jauh diungkapkannya, LPD Pecatu genap berusia 35 Tahun dan merupakan usia dewasa. Di usianya yang semakin dewasa ini, manajemen menyadari banyak hal yang patut dievaluasi dan dibenahi sebagai lembaga padruwen (dimiliki) masyarakat, sehingga LPD Pecatu lebih terukur, sehat dan akuntabel serta mengedepankan transparansi dalam pengelolaan.

"Ada empat pilar yang kami jalankan, pertama peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM), pilar kedua kepercayaan krama mendukung program LPD, kemudian monitoring badan pengawas, dan desa adat selaku pemilik kebijakan," ucap Raiwiani.

Raiwiani menekankan bahwa LPD ada perbedaan dengan lembaga perbankan lainnya, dimana LPD dalam pelaksanaannya bebas dari pengawasan OJK dan Bank Indonesia. oleh karena itu cenderung LPD tidak berorientasi rasio-rasio keuangan dalam pengelolaannya.

"Menyadari akan hal tersebut dalam mengoptimalkan kinerja manajemen, kami telah melakukan langkah-langkah awal dengan membuka komunikasi intensif bersama prajuru desa adat. Kemudian, kami bekerja berorientasi pada target yang terukur serta membaca rasio-rasio keuangan secara detail guna mencari solusi konstruktif, sehingga bisa dijabarkan dalam kinerja pegawai. Kami juga berharap dengan menumbuhkan rasa wirang dan jengah semua pihak yang berkomitmen dalam memajukan LPD kita yang tercinta ini. Niscaya tujuan dan harapan kita kedepan untuk mempunyai LPD yang kuat, sehat, transparan dan akuntable dapat kita wujudkan bersama-sama," harapnya.

Raiwiani tidak lupa juga nengucapkan syukur dan terimakasih kepada badan pengawas,pembina, karyawan-karyawati yang memiliki loyalitas dan integritas tinggi dalam memajukan LPD Pecatu. Tidak lupa juga ucapan terimakasih kepada krama Desa Adat Pecatu atas peran dan dukungan krama dalam mendukung program-program LPD Pecatu. 
"Akibat kepercayaan krama yang tinggi, LPD Pecatu per November 2023 beraset Rp 823 miliar, naik 43 persen atau sebesar Rp 246 miliar. Begitu juga capaian laba sesuai proyeksi rencana kerja sudah bisa kita capai pada bulan ini," ucapnya.

Ia berharap, semoga LPD Pecatu dengan dukungan seluruh stakeholder bisa tetap ajeg dan jaya "kariwekasan" (tetap langgeng). 

Ketua Kerta Desa Adat Pecatu I Wayan Sudiarta mewakili Bendesa Adat Pecatu mengapresiasi kinerja LPD Pecatu yang menunjukkan pertumbuhan positif. Hal itu tercermin dari pertumbuhan kinerja baik aset maupun laba.

Ia berharap dengan semakin bertambahnya usia LPD Pecatu semakin maksimal memberikan manfaat kepada krama, baik dari segi meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan krama, maupun memberikan manfaat lainnya seperti pembagian sembako seperti saat ini, dimana telah dilaksanakan setiap tahun.

Dalam kesempatan yang sama, Perbekel Desa Pecatu, I Made Karyana Yadnya mangatakan LPD Adalah lembaga keuangan adat yang potensinya luar biasa, sehingga dengan perkembangan aset saat ini tentu menjadi potensi juga. Lembaga LPD diperkuat dengan berbagai komponen salah satunya juga SDM. LPD Pecatu mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, sehingga kerjasama semua komponen terus ditingkatkan, sehingga LPD Pecatu mampu terus tembuh. "Berharap di usia ke 35 LPD Pecatu tetap ajeg dan tetap jaya," pungkasnya. (jhon)


TAGS :

Komentar