KSP Permata Utama Ajak Anggota RAT di Pura Belambangan Jawa Timur, Gencar Promosi KUR Ultra Mikro

  • 26 Januari 2024 00:00 WITA
KSP. Permata Utama bersama rombongan anggota gelar RAT ke-15 tahun buku 2023 di Pura Luhur Blambangan Jatim


Jatim, balibanknews.com
Ada yang berbeda pada momen RAT ke-15 KSP Permata Utama tahun buku 2023. Koperasi ini memboyong anggota untuk diajak rapat akhir tahun di Pura Luhur Blambangan Jawa Timur. Selain melaporkan kinerja sepanjang 2023, koperasi juga mengajak anggota melakukan persembahyangan ke sejumlah pura luhur lainnya seperti Pura Semeru, Bromo, dan Pura Giri Arjuna di Malang. Dalam kesempatan tersebut pengelola koperasi juga gencar promosikan kredit usaha ultra mikro atau KUR UMI kepada anggota yang bergerak di sektor UMKM. 


Ketua KSP Permata Utama I Made Jaya Artana SE lewat keterangan resmi via WhatsApp Jumat (26/1/2024) menyampaikan, selain memberi suasana berbeda kegiatan RAT tahun buku 2023 digelar di luar Bali adalah salah satu bentuk komitmen koperasi kepada anggota. Program ini sejatinya adalah pemenuhan janji kepada anggota karena koperasi sudah mampu tumbuh dan berkembang secara sugnifikan. "Gelar RAT diluar Bali adalah salah satu janji yang kini telah terpenuhi kepada anggota, dengan ini kami harap kepercayaan anggota semakin tinggi sehingga pertumbuhan lebih pesat lagi," ujarnya.


Diakui Jaya sapaan akrabnya, koperasi yang dikelolanya adalah salah satu koperasi berprestasi yang kini sudah naik tingkat menjadi koperasi nivo  provinsi. Koperasi ini juga dipercaya oleh Kementrian Keuangan sebagai penyalur KUR UMI dengan suku bunga maksimal 1 sampai 1,25 persen menurun dan boleh dinikmati seluruh masyarakat di Bali dengan syarat tergabung sebagai anggota.


Plafond KUR UMI tahap pertama yang diterima KSP Permata Utama dikatakan sebesar Rp 3 miliar. Penyaluran KUR UMI kepada anggota dikatakan sudah dimulai di awal 2023. Hanya saja proses pencairan baru bisa dilakukan di awal Januari 2024 mulai dari tanggal 10 - 25 Januari lantaran plafond kredit dari pihak pemerintah baru tercairkan bulan Desember 2023. Jumlah KUR UMI yang tersalurkan kepada pemohon tercatat dikisaran Rp 1,5 miliar. Anggota yang boleh menerima KUR UMI adalah anggota yang tidak punya kredit KUR di bank lain.
 "KUR UMI adalah kredit ultra mikro untuk anggota yang punya usaha kecil dan produktif dengan plafond maksimal Rp 20 juta, yang sudah pernah cari KUR di bank umum tidak bisa cari kredit ini. Program ini adalah bentuk kepedulian kita pada pengusaha kecil," ujarnya.


Kedepan KUR UMI dikatakan Jaya akan semakin gencar dipromosikan. Terlebih saat ini anggota koperasi sudah mencapai 1.826 orang di seluruh Bali sehingga pangsa pasar cukup besar. 
Dalam momen RAT ke-13 yang digelar di Pura Luhur Blambangan disampaikan pertumbuhan koperasi sepanjang tahun 2023. Mengingat situasi ekonomi mulai membaik pertumbuhan koperasi juga alami peningkatan. Secara umum target tercapai dengan baik. Aset dikatakan tumbuh sekitar 7,13 persen dibanding tahun 2022 atau dari Rp 28,7 miliar menjadi Rp 30,7 miliar. Sepanjang tahun 2023 kredit tersalurkan sebesar Rp 19,8 miliar naik sekitar 0,99 persen dibanding tahun sebelumnya. Modal sendiri koperasi juga meningkat cukup baik dikisaran 12,31 persen atau dari Rp 6,5 miliar naik menjadi Rp 7,3 miliar. Sementara SHU tahun 2023 tercatat sebesar Rp 396 juta. Anggota juga tumbuh pesat semenjak menjadi nivo provinsi dari 1.556 menjadi 1.826 naik sekitar 16,6 persen."Tahun 2024 kita mentarget pertumbuhan sekitar 20 persen mengingat kondisi ekonomi terlihat mulai stabil," pungkasnya. [Mdy]


TAGS :

Komentar