Koperasi Jasa Subhakti Ungasan Gelar RAT Paripurna ke-20 Bertema "Collaboration Makes Strongers"

  • 28 Januari 2024 00:00 WITA
Pengesahan hasil rapat paripurna RAT ke-20 Koperasi Jasa Subhakti Ungasan.

Mangupura, balibanknews -
Koperasi Jasa Subhakti Ungasan menggelar kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-20 Tahun Buku 2023 secara tertulis dan dirangkai dengan RAT Paripurna mengambil tema "Collaboration Makes Strongers" dilaksanakan Minggu 28/01/2024 di Swiss-Belresort Pecatu, Bali.

Dalam RAT Paripurna Koperasi Jasa Subhakti Ungasan ke-20 ini sebagian besar (96,8%) menyetujui dan menerima laporan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas Tahun Buku 2023.

Kegiatan ini dihadiri perwakilan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, Dekopinwil Provinsi Bali, Puskop Jagadhita, Camat Kuta Selatan, BNI, Bendesa Adat Ungasan, Kelian Adat dan Dinas Desa Ungasan, perwakilan anggota serta undangan lainnya. 

Ketua Koperasi Jasa Subhakti Ungasan, I Made Suanda Wisnaya, SE., dalam kesempatan ini menekankan pentingnya kolaborasi antara Koperasi Jasa Subhakti Ungasan dengan anggota. Hal tersebut sesuai dengan tema RAT kali ini yakni Collaboration Makes Stronger (lebih kuat melalui kolaborasi). Dimana Koperasi bersama anggota saling berkolaborasi dalam membangun usaha atau bisnis, baik dari sisi permodalan maupun manajarial. 

"Seperti contoh saat ini kita berkolaborasi dengan anggota dalam membangun unit usaha Villa, dimana kita yang membangun (modal) dan anggota sebagai pemilik lahan. Begitu juga nantinya dengan unit usaha lain yang ingin dikembangkan anggota, kita bisa kolaborasikan. Sehingga Koperasi kuat, usaha anggota juga berkembang," ucapnya.

Ia mengatakan kolaborasi juga mendorong pengembangan ekonomi anggota dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar secara berkelanjutan. Kolaborasi menawarkan keuntungan dan pengalaman dalam pengelolaan bisnis bersama. 

"Melalui kolaborasi ini kita dapat terus berbagi pengetahuan dan pengalaman, sehingga setiap anggota dapat meningkatkan kapasitas dan kinerjanya serta bersama-sama memperkuat dan meningkatkan unit usaha yang dimiliki," ucapnya.

Dalam kegiatan ini Ia juga memaparkan perkembangan dan pencapaian positif yang diraih Koperasi Jasa Subhakti Ungasan di Tahun 2023. Koperasi Jasa Subhakti Ungasan yang kini memiliki dua kantor kas dan satu kantor cabang didukung 38 orang karyawan ini merealisasikan program 2023 dengan meluncurkan Subhakti Mobile dan Logo, pengembangan kantor kas di Denpasar, membangun Subha's Guest House, tirtayatra, merekrut 9 karyawan, gebyar pinjaman motor dan audit eksternal.

"2024 kami berencana mengembangkan tiga kantor cabang di daerah yang potensial. Selain juga melaksanakan sertifikasi pengurus dan pegawai, memperbanyak variasi produk pinjaman dan simpanan serta mengoptimalkan Subhakti Mobile, mengembangkan jasa akomodasi, kolaborasi usaha-usaha potensial dengan anggota, pelatihan pengembangan dan pembinaan usaha untuk anggota (consulting Development), gathering anggota/cerdas cermat/tirtayatra/jalan santai.

Dari sisi perkembangan Aset hingga saat ini mencapai Rp 166 miliar "Hal ini mencerminkan kepercayaan anggota semakin meningkat dan ini menjadi triger bagi kami untuk mengoptimalisasikan kepercayaan yang diberikan. Setelah banyak tantangan di tahun lalu pasca covid 19," ujarnya.

Koperasi Jasa Subhakti Ungasan memiliki Visi menjadi koperasi yang unggul dan sehat, penggerak ekonomi kerakyatan. Demi kesejahteraan anggota dan masyarakat dengan pelayanan yang optimal berdasarkan pronsip-prinsip perkoperasian. 

"Untuk mencapai visi dan misi tersebut Koperasi Jasa Subhakti Ungasan memliki core value sebagai pilar dalam membangun koperasi ini yaitu  Spirit of Change yang terdiri dari : “Spiritual”, mengedepankan nilai kejujuran, integritas, amanah, percaya diri dan rendah hati. Kemudian “Giving” mengupayakan dan memberikan suatu kebaikan atau manfaat bagi anggota atau masyarakat," paparnya.

“Transparancy atau Keterbukaan”, menerapkan manajemen partisipasi kepada stakeholder serta education selalu mengisi diri untuk bertumbuh menjadi lebih baik dari sebelumnya juga menjadi misi Koperasi Jasa Subhakti Ungasan.

"Kami juga memiliki budaya kerja trust, team work, networking, communication, competency, diffrent dan technology," ucapnya.

Untuk itu, Ia mengajak seluruh anggota untuk berpartisipasi aktif, karena peran aktif anggota memiliki peran penting dalam keberlangsungan koperasi sehingga selain usaha koperasi bisa terus berkembang, akan memudahkan anggota juga didalam memenuhi kebutuhannya, sehingga akan menciptakan kolaborasi yang tepat untuk mewujudkan kesejahteraan anggota yang kuat dan mandiri. Dengan kolaborasi itu, maka diharapkan tujuan koperasi dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota bisa tercapai.

Dalam kesempatan yang sama, Perwakilan dari Dinas Koperasi dan UKM Provinai Bali mengapresiasi langkah-langkah startegis dalam mengembangkan serta meningkatkan kesejahteraan anggota melalui kolaborasi yang kuat. Begitu pula pelaksanaan RAT Tahun Buku 2023 yang tepat waktu merupakan bentuk nyata komitmen pengurus kepada anggota dan mencerminkan bahwa pelaksanaan transparansi, dan akuntabilitas di Koperasi Jasa Subhakti Ungasan sebagai bentuk kedisiplinan dan ketertiban.

Rapat paripurna RAT ke-20 Tahun Buku 2023 ini dalam sidang diterima dan mengesahkan laporan dari pengurus dan pengawas dan kegiatan diakhiri dengan pengundian doorprize. (jhon)


TAGS :

Komentar