Perbekel Desa Petak A.A. Gede Purnama Akan Bersinergi Bersama Pekaseh dan Pengolahan Sampah

  • 08 Februari 2022 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
Setelah dilantik Bupati Gianyar beberapa waktu lalu Perbekel Desa Petak Anak Agung Gade Purnama langsung kerja sesuai dengan janji kampanyenya. Dimana akan melakukan penanganan sampah dan bersinergi dengan pekaseh atau subak untuk ketahanan pangan.

AA. Gede Purnama saat ditemui BaliBanknews Selasa,8/2/2022 di kantor Prebekel Desa Petak mengungkapkan pihaknya akan berinergi dengan subak dan petani dalam program ketahanan pangan. Sehingga, diharapkan bisa merubah mindset petani menuju ke pertanian organik.

Lebih jauh diungkapkan kemudian yang kedua tentang penanganan sampah yang menjadi peramsalahan pelik. Pihaknya akan melakukan sosialisasi kebersihan lingkungan di masing-masing banjar. Dimana masyarakat diharapkan ikut memilah-milah sampah plastik dengan sampah organik.

"Disetiap rumah tangga memiliki tempat pemilahan sampah. Sehingga Bumdes bisa mengambil itu sehingga masyarakat dapat profit dari sampah begitu juga Bumdes juga memperoleh profit," ujarnya.

Dikatakannya, untuk subak pihaknya akan melakukan sosialisasi dan membandingkan padi apa yang lebih bagus untuk kembangkan di Desa Petak. Pihaknya secara kajian dalam pertanian selama ini penggunaan pupuk organik dengan non organik sama saja. Namun, hasil padi organik secara ekonomis memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

"Padi organik nilai jualnya mahal dan itu yang akan kita kembangkan. Dimana kita sudah komunikasi dengan pekaseh dan sudah siap mengaplikasikan pertanian organik," ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, termasuk juga Puspa Aman akan dibuat di Benawah Semoga bisa terealisasikan.

"Saya berharap semoga masyarakat bisa merubah mindsetnya hasil pertanian bukan hanya untuk konsumi sendiri saja, namun bisa dipasarkan di Bumdes. Begitu juga tentang sampah yang bisa juga memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat," ucapnya. 
 (yess)


TAGS :

Komentar