Desa Bedulu Gugah PKK Kelola Sampah di Rumah Tangga

  • 22 Maret 2022 00:00 WITA

 

Gianyar, BaliBanknews.com

Sampah merupakan sumber masalah jika tidak di kelola dengan baik, hal ini   membuat salah satu prebekel yang ada di kecamatan Blahbatuh Gianyar di mana membuat pengelolaan sampah di desa berbasis sumber. Perbekel Desa Bedulu, I  Putu Ariawan gelar sosialisasi Pengolahan Sampah berbasis sumber kepada masyarakat, ketika di temui balibanknews.com pada  Selasa (22/3). Menggandeng SMAN 1 Blahbatuh, masyarakat khususnya ibu PKK digugah agar mengelola sampah dari rumah tangga. "Agar dipilah dari dapur. Mana sampah organik, mana sampah anorganik semisal plastik," jelasnya. Dengan pemilahan sampah dari dapur, Perbekel yang akrab disapa Tu Lae ini yakin sampah akan menjadi berkah. Selain itu, masyarakat bisa berkontribusi untuk menekan penumpukan sampah di TPA Temesi. "Kalau sudah dipilah, sampah plastik bisa diuangkan. Sampah organik kita olah di TPS3R. Jadi yang dikirim ke TPA hanya residu," jelasnya. 

Putu Lae pun mengharapkan partisipasi masyarakat Bedulu. Sebab ketika sampah dibuang sembarangan, akan merugikan banyak pihak. Sungai akan tercemar, apalagi saat ini sampah sudah masuk sawah. "Harapannya, masyarakat menyadari betapa pentingnya pengelolaan sampah berbasis sumber. Sehingga kedepan beban pemerintah dalam hal ini terkait TPA, kita bisa bantu melalui peran masyarakat sehingga nanti kedepan hanya residu yang dibawa ke TPA. Sampah plastik bisa dirupiahkan," jelasnya.

Sosialisasi kepada masyarakat dilakukan sesuai dengan Pergub nomor  47 tahun 2019 tentang penanggulangan sampah berbasis di sumber pungkasnya.( Yess)

 


TAGS :

Komentar