Gong Kebyar Sengguan Kangin Jadi Duta PKB, Alit Sutarya Beri Motivasi

  • 23 Maret 2022 00:00 WITA

 

Gianyar, BaliBanknews 

 Anggota DPRD Gianyar, I Nyoman Alit Sutarya, SH.M.H, memberikan motivasi kepada seniman Gong Kebyar Anak dari Banjar Sengguan Kangin, Kecamatan Gianyar. Gong kebyar tersebut didapuk menjadi Duta Pesta Kesenian Bali (PKB) Tahun 2022. Hal itu tidak terlepas dari historis Gong Kebyar Sengguan Kangin sejak era 1988 silam.

Anggota Komisi I DPRD Gianyar itu menyatakan pemerintah Gianyar telah mendukung dengan menggelontorkan anggaran untuk pentas virtual. “Dukungan pemerintah sudah jelas. Dipilihnya Sengguan Kangin, ada sejarah pernah tercatat 1988 pernah duta gong kebyar dewasa saat itu mampu jadi terbaik,” ujar Anggota Fraksi PDIP Gianyar itu.
Sampai menginjak 40 tahun, Sengguan Kangin ingin mengembalikan marwah. “Anak yang tampil, anak, cucu, kompyang dari beliau yang eksis zaman dulu,” jelasnya.

Kata Alit, proses belajar seniman anak itu sudah berjalan 7 bulan lalu. “Mereka dari nol, anak baru bisa pegang panggul. Jadi duta nama Gianyar,” jelasnya.
Dari pembina sangat mendukung, bahkan Krama Banjar sangat antusias. “Sehingga anak termotivasi. Anak bisa maksimal, namun masih perlu gerakan memang harus pas untuk tampil,” jelasnya.
Kini, mereka tinggal memantapkan lagi. Dari segi materi sudah menguasai. “Harapannya, bisa tampil maksimal, terbaik. Karena penilaian masyarakat kolektif, beragam,” ujarnya.

Meski begitu, setidaknya masyarakat secara umum melihat tampilan anak Gianyar. “Baik melihat ekspresi, estetika, gerak menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dilepas. Wajah dan pakaian include,” ungkapnya.
Dengan penampilan kali ini, dewan dari Dapil Kecamatan Gianyar itu berharap anak ini terarah dan mencintai seni budaya. “Karena itu adalah napas kita selaku orang Gianyar. Seni,budaya, agama tidak bisa dipisahkan. Ini ada di satu kesatuan agama Hindu yang terarah tak terpisahkan,” pintanya.

Selanjutnya, lima tahun ke depan, duta anak ini bisa menjadi duta dewasa. “Akan ada regenerasi, tokoh masyarakat pembina Prajuru. Secara kontinyu bisa jalan terus. Harapan kami pemerintah daerah tetap memperhatikan, reward karya anak regenerasi lebih termotivasi lebih diperhatikan,” tutup dia. (yes)


TAGS :

Komentar