Atasi Saluran Irigasi Jebol, Perbekel Temesi Apresiasi Tindakan DLH 

  • 24 Maret 2022 00:00 WITA

 

GIANYAR, balibanknews.com-

Perbekel Temesi apresiasi tindakan yang diambil DLH Gianyar dalam menangani saluran irigasi jebol. Sehingga aliran air tidak lama tersendat yang berpotensi sawah petani kering. 


Perbekel Temesi, Ketut Branayoga, mengatakan  Jebolnya saluran irigasi diduga karena dak saluran tersebut tidak kuat. Sehingga saat pemindahan sampah oleh alat berat dari timur ke barat dak tersbut jebol. "Ditengah-tangah TPA itubada salurain igarasi di tutup dengan beton. Pas pemindahan sampah karena hujan jebol jadinya," ujarnya, Kamis (24/3/2022) 

Hal itu terjadi karena betonnya tidak kuat menahan beban. Ditambah hujan deras beberapa hari terkahir. "Mungkin kekutan betonnya tidak bagus. Karena kemarin pembuatan daknya itu dari dana desa anggaran terbatas, Ketebalannya 10 centi, Jebol 10 meter, kalau dilalui air irigasi airnya akan meluber terbuang," jelasnya. 

Telah ditangani cepat oleh DLH. saat ini sedang dilakukan perbaikan sementara dengan mesang pipa ukuran 10 dim. Tujuannya agar air tidak tersumbat. Rencana kedepan saluran irigasi akan dipindahkan ke timur TPA. "Sudah dikruk dibersihkan,  dipasang pipa dengan ukuran 10 dim untuk mengairi sawah," jelasnya. 


Sementara, saat ini ada sekitar 12 hektar lahan yang ditanami padi dan bunga pacah. Beruntung penangannya cepat, sehingga kondisi ini tidak akan lama. 

Selian itu, pihaknya meminta harus diberikan perhatian khusus. Sebab lahan diselatan TPA tersebut merupakan lahan produktif. "Air sangat diperlukan, Kalau air lancar pola tenam akan maksimal, karena lahan masih lahan produktif," ujarnya. 

Kepada masyarakat diminta  bersabar karena ini masih dalam proses. Dari pihak pemerintah sudah dengan cepat menanggapi masalah ini. Masyarakat juga sudah bersabar melaporkan sesuai prosedur. "Mereka sudah percaya dan mengatahui kondisinya, Karena sudah ada respon dari pihak terkait," tandasnya.(yess)


TAGS :

Komentar