Desa Bedulu Gelar Jambore Desa Bersinar Bersih Narkoba, Bedulu Bisa

  • 29 Maret 2022 00:00 WITA

 

Dinobatkan Menjadi Desa Bebas Narkoba tahun 2022

Gianyar, BaliBanknews - Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh menjadi desa pertama di kabupaten Gianyar yang melaksanakan Jambore Desa Bersinar atau Desa Bersih dari Narkoba. Jambore diikuti oleh 5 Sekolah Dasar (SD) di desa Bedulu.

Perbekel Desa Bedulu, I Putu Ariawan ketika di temui BaliBanknews, pada Selasa, 29/3/2022 bertempat di pura Pengastulan menyatakan Desa Bedulu dinobatkan sebagai Desa Bersinar oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gianyar. 

“Desa Bersinar wajib membina dan memberikan informasi kepada masyarakat, betapa bahayanya narkoba ini. Kami mengawali dengan melibatkan anak SD se-Desa Bedulu,” ujar Putu Ariawan. Pelibatan anak sekolah untuk mengantisipasi secara dini bahaya narkoba. “Mengantisipasi diri mereka, termasuk memberitahu kepada yang lain, bahwa narkoba itu benda berbahaya, tidak wajib dicoba. Secara dini mereka mengetahui dan mengerti bahaya narkoba,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, dirangkai sejumlah kegiatan. “Kami kemas terkait narkoba. Melukis poster, yel-yel menyatakan diri bebas narkoba. Kami sediakan tim penilai atau juri yang membidangi. Kami juga datangkan BNNK yang siap mendampingi,” terangnya.
Perbekel berharap semua masyarakat menyadari betapa penting pengetahuan bahaya narkoba. “Agar tidak ada penyalahgunaan narkoba untuk jangka selanjutnya,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, perbekel merasa bangga dan terhormat Desa Bedulu menjadi Desa Bersih Narkoba. “Namun bukan berarti bukan tidak ada kasus narkoba. Justru desa bersinar ini, dari yang tadinya ada kasus narkoba, menjadi tidak ada,” terang dia.

Harapan kepada BNNK, pihaknya meminta agar selalu turun memberikan edukasi. “Bukan saja kepada Bedulu, namun semuanya,” ujarnya.
Dia juga menyerukan anti narkoba kepada masyarakat Bedulu. “Jangan pernah mencoba. Karena narkoba mungkin ada daya tarik tersendiri. Jangan pernah mencoba narkoba dalam bentuk apapun,” serunya. (Yes)


TAGS :

Komentar