HUT ke 29 LPD Jumpai Berlangsung Meriah

  • 06 Mei 2019 08:57 WITA
Klungkung, BaliBanknews -
 
Salah satu tolak ukur keberhasilan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) adalah bagaimana keberadaanya memberikan asas manfaat terhadap desa adat serta masyarakat itu sendiri, seperti halnya LPD Jumpai, Klungkung. Melalui dukungan seluruh krama/warga sehingga pelaksanaan HUT LPD yang ke-29 tahun serta gebyar ke-5 kalinya sukses dilaksanakan dengan hadiah utama satu unit Yamaha Lexi yang berlangsung di Balai Banjar Kawan Desa Jumpai, Kabupaten Klungkung, Minggu (5/5)
 
Pemucuk LPD Jumpai, I Nengah Susarma di sela sela kegiatan mengungkapkan, Hal ini juga makin mamantapkan kepercayaan masyrakat terhadap LPD tak tergantikan. Mengenai acara Gebyar LPD sudah dilaksanakan 5 tahun berturut-turut. "Semenjak kita laksanakan gebyar, justru tingkat partisipasi dan kepercayaan masyarakat semakin meningkat. Ini dapat di lihat dari aset LPD hingga bulan April  tahun 2019 telah mencapai Rp 21 miliar," ujarnya.
 
Sedangkan pada akhir tahun 2018 aset LPD Jumpai sebesar Rp 20 miliar dengan pembekuan laba LPD mencapai Rp 777 juta dan yang menjadi hak desa adat sebesar 20% (tahun ini mencapai Rp 155  juta lebih) dan dana tersebut sepenuhnya diserahkan ke desa adat untuk pembangunan di dua banjar baik untuk Prahyangan, Pawongan dan Palemahan.
 
Pelaksanaan HUT LPD Jumpai tahun ini diawali dengan jalan santai yang diikuti oleh seluruh masyarakat Jumpai di 2 banjar dimeriahkan puluhan doorprize. LPD Jumpai sendiri berdiri tahun 1990 dengan modal awal Rp 5 juta. Selam perjalanannya, LPD Jumpai menyalurkan kredit mencapai Rp 13,6 miliar.
 
"Program yang sudah berjalan adalah setiap Puja Wali Saba, LPD memberikan 2 ekor babi. Kita juga memberikan santunan setiap Krama Jumpai yang meninggal dunia sebesar Rp 1 juta. Kita berharap diusia 29 tahun LPD Jumpai semakin di percaya masyarakat. Kita juga memberikan kredit kepada para generasi muda yang ingin berangkat ke kapal pesiar dan kita siap membantu memberikan kredit," jelasnya.
 
Koordinator LPLPD Klungkung, I Wayan Sumerta sangat mengapresiasi pelaksanaan Gebyar LPD dan juga HUT LPD yang ke-29. Hal ini tentunya berkat kerja keras para pengurus LPD yang didukung sepenuhnya oleh perangkat desa adat serta yang lebih penting didukungan seluruh masyarakat Jumpai. Sehingga LPD akan semakin dipercaya masyarakat. "Dari peringkat LPD Jumpai masuk 10 besar LPD terbaik di Kabupaten Klungkung. Tentunya prestasi ini agar dapat dipertahankan," ujar Sumerta.
 
Sementara itu Bendesa Adat Jumpai, I Wayan Marpa SE mengaku sangat bangga atas kinerja para pengurus LPD di tahun 2018 yang didukung tiga hal. Pertama, dengan dukungan dan partisipasi masyarakat. Kedua, adanya dukungan pengurus LPD dengan keterbukaan dan kejujuran. Ketiga, danya pembinaan yang rutin dilakukan olah pemerintah yakni koordinator LPLPD. Jika ini dilakukan, LPD pasti maju.
 
Dia berharap, ke depannya kepercayaan masyarakat akan terus meningkat. Sehingga LPD kian maju, begitupun masyarakat Jumpai akan makin sejahtera. Apabila keuntungan LPD semakin meningkat, maka pembangunan di desa adat juga lancar.
 
"Kita juga mengapresiasi atas dana pembinaan yang diberikan LPD untuk sekaa gong anak-anak sebesar Rp 4 juta.
 
Oleh karena itu saya berharap dukungan seluruh masyarakat Jumpai dalam memanfaatkan program unggulan di LPD," imbuhnya.(yes)
 

TAGS :

Komentar

Berita Lainnya