Suwat Waterfall Obyek Wisata Baru di Gianyar Utara

  • 21 Agustus 2019 07:26 WITA
Gianyar, BaliBanknews-
 
Desa Adat Suwat kini tengah gencar menggeliatkan potensi desa untuk dikembangkan dalam sektor pariwisata. Salah satunya yang dilakukan krama setempat ialah menata air terjun Suwat (Suwat Waterfall) Sejak seminggu terakhir, warga sibuk membuat akses jalan setapak menuju Air Terjun bersma para generasi muda yang letaknya di samping Pura Dalem Suwat.
 
Bendesa Adat Suwat, Ngakan Putu Sudibya, menyampaikan, bahwa saat ini pihak Desa Adat bersama para pemuda di 3 banjar setempat memang komit untuk menggeliatkan pariwisata di daerah Gianyar utara khususnya Desa Suwat. Upaya awal untuk mengangkat nama desa ini pun sudah dilakukan dengan mengadakan Festival Air Suwat, yang rutin digelar setiap menyambut tahun baru masehi. “Nah dari festival itu kita ingin menghidupkan pariwisata air di Desa Suwat, kebetulan juga kami punya potensi wisata air terjun ini,“ujarnya.
 
Diakuinya, penataan tersebut mulai dilakukan sejak seminggu ini, penataan itu berupa membuka akses jalan menuju Air Terjun Desa Suwat. Akses yang kini masih dalam pengerjaan itu pun kurang lebih sepanjang 500 meter dari lokasi Pura Dalem Suwat. “ Akses ini kita tata sedemikian rupa, melewati persawahan dan hutan dengan pohon-pohon besar yang masih alami. Sehingga wisatawan akan menikmati jogging track menuju air terjun Suwat,“jelasnya.
 
Lebih lanjut ia menambahkan, setiba didekat air terjun dengan tinggi 15 meter itu, pengunjung bisa menikmati suasana alam yang eksotik. Terlebih dibawah air terjun tersebut terdapat areal pemandian luas. “Kami juga akan menyiapkan pelampung untuk wisatawan, sehingga bisa bebas bermain air di areal yang cukup luas dibawah air terjun ini, nantinya dengan akan dibukannya air terjun akan menambah obyek wisata yang sudah ada di Gianyar Utara,"ujarnya.
 
Dirinya berharap dukungan seluruh masyarakat Suwat, khususnya yang ada diluar Desa Suwat agar bisa membantu dalam mempromosikan wisata air terjun ini ke para wisatawan.(Yes)
 

TAGS :

Komentar