LPD Desa Adat Nangka Tetap Bertahan di Masa Pandemi Berkat Kepercayaan Krama

  • 22 November 2021 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
Pandemi Covid-19 melumpuhkan semua sektor ekonomi. Tak terkecuali LPD sebagai lembaga adat yang juga terimbas pandemi covid-19. Meski demikian LPD Desa Adat Nangka mampu tetap bertahan berkat kepercayaan krama.

Pemucuk LPD Desa Adat Nangka, I Ngurah Alit saat ditemui BaliBanknews, Senin 22/11/2021 mengungkapkan, dimasa pandemi ini, LPD Nangka tetap melakukan sosialisasi kepada krama, bahwa lembaga adat ini merupakan milik krama dan memberikan kontribusi dalam peningkatan ekonomi krama dan juga pembangunan Desa Adat Nangka yang berlandaskan Tri Hita Karana.

"Dari sisi simpanan masyarakat tetap kita prioritaskan dalam situasi pandemi ini dengan menyediakan likuiditas cukup yang nantinya mampu melayani krama yang melakukan penarikan. Begitu juga dengan pembayaran kredit kita tidak kaku," ucapnya.

Lebih jauh diungkapkannya, rasa kekeluargaan dikedepankan dalam hal penyelesaian kredit. Sebab, LPD merupakan lembaga khusus tidak seperti.lembaga keuangan dalam tata kelolanya. 

"LPD berbasis adat, berbeda dengan lembaga keuangan yang konvensional. Sehingga kita kedepankan pengelolaan isu dengan baik," ujarnya.

Dikatakannya, yang terpenting bagaimana LPD mampu membuat krama merasa diayomi dan dilindungi. Sehingga kepercayaan krama terhadap LPD tetap bahkan meningkat.

Diakuinya, saat pandemi ini tentu berdampak terhadap LPD Nangka yang tentunya secara rasional terdampak baik dari segi aset maupun laba. Saat ini, krama lebih dominan berbelanja aset, sehinga melakukan penarikan dan bukan disebabkan oleh isu-isu negatif.

"Penarikan selama ini karena ada krama yang membeli aset, mungkin ada tanah yang murah mereka beli. Namun bukan karena isu-isu negatif mereka melakukan.penarikan," ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, LPD Nangka berorientasi untuk menumbuhkan LPD, sehingga memberikan dampak positif bagi kesejahteraan krama dan juga pembangunan di Desa Adat Nangka.

Ia berharap, menanamkan kepercayaan krama terhadap LPD agar LPD tetap ajeg di Desa Adat Nangka. "Selama Desa Adat ini ada LPD itu pasti tetap ada. Pasang surut iti sudah hal biasa. Harapannya mari kita jaga bersama-sama lembaga adat ini dan semoga pandemi cepat berlalu," harapnya.

Bendesa Adat Nangka I Ketut Oka yang juga selaku Ketua Badan Pengawas LPD Nangka
mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kepercayaan kepada LPD sebagai lembaga adat milik krama.

"LPD memberikan kontribusi nyata dalam segala kegiatan agama,adat, seni dan budaya. Maka mari kita jaga dan manfaatkan produk-produk LPD lebih maksimal lagi, sehingga LPD tetap ajeg di Desa Adat Nangka," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar